RABU , 19 SEPTEMBER 2018

Gubernur Sulsel Nilai Anggaran Pilgub Rp 470 M Sangat Besar

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 17 Mei 2017 19:53
Gubernur Sulsel Nilai Anggaran Pilgub Rp 470 M Sangat Besar

Suasana saat paripurna istimewa LKPj di gedung DPRD Sulsel, Rabu (17/5). Foto: Fakhrullah/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, saat ini telah mengajukan usulan anggaran ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk alokasi pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang sebesar, Rp 470 miliar.

Namun, dengan anggaran yang ratusan miliar tersebut, Gubernur Sulsel, Syharul Yasin Limpo, menilai jika permintaan KPU Sulsel sangat besar. “Saya kira itu cukup besar, kan itu baru yang diajukan,” katanya setelah menghadiri Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah di DPRD Sulsel, Rabu (17/5).

Menurutnya, dengan banyaknya permintaan oleh KPU Sulsel itu, maka DPRD Sulsel memiliki kewenanagan untuk mengoreksi anggaran tersebut.

“Diakan (KPU) memiliki hal untuk mengajukan, dan disini (DPRD) juga memiliki hak untuk mengoreksi, yang penting itu semua berkepentingan pada Pilgub,” tuturnya.

Syahrul menambahkan, jika DPRD Sulsel menyetujui permintaan KPU Sulsel itu, maka  Pemprov Sulsel memperkirakan akan melakukan pencairan hingga dua kali, baik itu APBD Perubahan 2017 maupun APBD Pokok 2018 mendatang.

“Dari sekarang itu sudah kita sikapi, baik itu anggaran perubahan dan anggaran pokok disiapkan, walaupun belum dipakai,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latif, menuturkan memang pilkada 2018 kucuran anggaran yang diminta terlalu banyak, berbeda pada tahun 2013 lalu, karena saat ini biaya kampanye untuk seluruh calon dibebankan kepada KPU. Begitupula pendataan bagi calon maju melalui jalur Independen, pihaknya harus turun kelapangan melakukan pengecekan satu-persatu terhadap orang-orang yang menyerahkan KTP sebagai dukungan.

[NEXT-RASUL]

“Memang kita harus akui jika anggarannya sangat meninggkat karena ada beberapa hal yang baru dibebankan oleh KPU Sulsel,” tutup Iqbal.


div>