KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Gubernur Syahrul Orasi Ilmiah di Hadapan 4.701 MaBA UIN

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 01 September 2015 13:05
Gubernur Syahrul Orasi Ilmiah di Hadapan 4.701 MaBA UIN

Syahrul Yasin Limpo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo memberikan orasi ilmiah kepada lebih dari 4000 mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar, Selasa (1/9) di kampus UIN Samata, Gowa. Kepada mahasiswa baru sebagai calon kapital intelektual bangsa tersebut, Gubernur Syahrul mengingatkan, sekuat apapun negara, kekayaan bagaimana pun yang dimiliki sebuah negara, tidak akan mampu menjawab apa-apa bila kapital intelektual tidak terbangun.

“Kapital intelektual bisa terbentuk apabila hadir perguruan tinggi yang mampu meriset teknologi dengan lebih baik,” kata Syahrul. Oleh karena itu, Syahrul mengingatkan bahwa mahasiswa adalah salah satu solusi dan sebuah kekuatan yang akan menghadapi berbagai gelombang masalah negeri ini.
Dia lalu membandingkan kekayaan yang dimiliki Indonesia dengan yang dimiliki negara tetangga seperti Singapura, Vietnam, Jepang, dan Thailand. “Kita memiliki 19 ribu pulau. Bukankah di ujung pulau itu ada dolar dan rupiah?” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Gubernur Syahrul, sebagai jawaban untuk membangun kekayaan alam Indonesia, terletak pada sains, ilmu pengetahuan, dan riset teknologi melalui perguruan tinggi. Semua harus disinergikan untuk mengolah kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

Oleh karena itu, Gubernur Syahrul terus mengingatkan kepada mahasiswa UIN Alauddin bahwa mereka adalah orang yang diharapkan oleh negara dan keluarga untuk membangun bangsa dalam memecahkan masalah kehidupan di masa yang akan datang.

“Selamat datang modal intelektual bangsa! Kalian akan menjadi bagian untuk menjawab tantangan yang dihadapi rakyat Indonesia,” ujar Syahrul memberi semangat kepada ribuan maba UIN Alauddin, seraya mengingatkan bahwa kampus UIN adalah pilihan terbaik untuk mengawali pembangunan Indonesia.


div>