SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Gubernur Uji Coba Rel Kereta Api

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Muh Sophian AS

Jumat , 10 November 2017 20:36
Gubernur Uji Coba Rel Kereta Api

Uji coba rel Kereta Api (KA) trans Sulawesi dilakukan gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, didampingi Wakil gubernurSulsel Agus Arifin Nu'mang, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono, dan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti. Uji coba itu dilakukan di sepanjang 16 kilo meter jalur rel KA di kabupaten Barru, Jumat (10/11)

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Uji coba rel Kereta Api (KA) trans Sulawesi dilakukan gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, didampingi Wakil gubernurSulsel Agus Arifin Nu’mang, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Muktiono, dan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti. Uji coba itu dilakukan di sepanjang 16 kilo meter jalur rel KA di kabupaten Barru, Jumat (10/11).

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengungkapkan uji coba ini sebagai pantauan guna memastikan penguatan kerja dari kepala daerah di kabupaten yang dilalui kereta api, terkhusus di kabupaten Barru.

“Kalau kemarin, orang Sulsel hanya mimpi terhadap hadirnya kereta sebagai simbol kemajuan Indonesia bagian timur maka hari ini mimpi itu menjadi kenyataan dalam tahapan hadirnya kereta api,” ujar Syahrul.

Syahrul memastikan proyek multi years ini tidak boleh hanya jalan ditempat namun terus digenjot untuk kepentingan masyarakat.

“Saya berharap tidak ada lagi jalan mundur dan stop. Kereta api ini harus makin cepat untuk diwujudkan,” ujarnya.

Adapun rute uji coba rel yang ditempuh sepanjang tujuh kilometer,dimulai dari Dusun Pekkae, Desa Tellumpanua menuju Dusun Coppeng-Coppeng, Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Riaja.
SYL mengujicoba kereta api didampingi Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Agus Surya Bakti, Kapolda Sulel Irjen Pol Muktiono,dan Ketua DPRD Sulsel HM.Roem serta Agus Arifin Nu’mang.
Sementara itu turut hadir mendampingi rombongan,PLT Bupati Barru Suardi Saleh dan seluruh jajaran unsur forkopimda Barru. Bahkan sebelum menaiki gerbong kereta api,pihak satker kemenhub membagikan tiket KA layaknya sudah beroperasi penuh

Untuk itu, kata Syahrul akhir tahun 2018 lokomotif kereta api sepanjang 47 kilo meter yang menghubungkan Pangkep dan pelabuhan garongkong Barru dapat dimanfaatkan untuk pengangkutan material semen, batu bara serta bahan tambang lainnya.

“2018 akhir kita berharap sudah berfungsi dengan baik minimal mengangkut kebutuhan semen batu bara dan energi lainnya menuju pelabuhan garongkong,” ujarnya. (*)


div>