SELASA , 23 OKTOBER 2018

H-9 Pencoblosan, Survei IPI Unggulkan Basmin-Syukur di Luwu

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Senin , 18 Juni 2018 18:15
H-9 Pencoblosan, Survei IPI Unggulkan Basmin-Syukur di Luwu

IPI saat konferensi pers di Hotel Swiss-belinn, Makassar, Senin (18/6/2018). Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Hasil riset terbaru dari lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) menunjukkan Pilkada Kabupaten Luwu akan dimenangkan oleh pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak.

Dalam riset yang melibatkan 1212 responden Ini, Basmin-Syukur unggul telak dengan elektabilitas 63,2%. Sementara pesaingnya, Patahuddin-Emmy Tallesang hanya mampu menggaet elektabilitas sebesar 25,7%. Sisanya 11,1% belum menentukan pilihan.

“Bisa dipastikan Pilkada Luwu sudah selesai dimenangkan oleh Basmin-Syukur. Tentu selama tidak ada kejadian luar biasa dalam beberapa hari ke depan,” kata Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir dalam konferensi pers di Hotel Swiss-belinn, Makassar, Senin (18/6/2018).

Keunggulan telak Basmin-Syukur juga tampak pada top of mind atau elektabilitas terbuka. Dimana Basmin-Syukur menjadi pasangan top of mind 57,5% responden. Sementara pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang menjadi top of mind 23,9% responden.

“Kekuatan paslon nomor 1 adalah dua-duanya merupakan tokoh Luwu yang disegani masyarakat. Sementara kelemahan paslon nomor 2 adalah calon wakil yang kurang mendukung secara elektoral,” beber Suwadi.

Strong voters Basmin-Syukur juga teramat tinggi, mencapai 50,8%. Sementara strong voters Patahuddin-Emmy Tallesang hanya 13,1%.

“Butuh keajaiban yang sangat luar biasa bagi Patahuddin-Emmy Tallesang untuk bisa membalikkan keadaan dengan sisa masa kampanye yang tinggal menghitung hari,” imbuhnya. (*)


div>