SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Hadapi Akreditasi, RSUD Sosialisasi Tata Cara Cuci Tangan

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 28 April 2017 19:45
Hadapi Akreditasi, RSUD Sosialisasi Tata Cara Cuci Tangan

Pengelolah Inspection, Preventive, Control, Nursery (IPCN) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B Andi Makkasau Kota Parepare, Mustari Laise.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka menghadapi akreditasi rumah sakit, yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 17 Mei 2017 mendatang, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B Andi Makkasau Kota Parepare, telah melakukan berbagai persiapan dan salah satunya yaitu sosialisasi cara cuci tangan.

Pengelolah Inspection, Preventive, Control, Nursery (IPCN) RSUD Andi Makkasau Parepare, Mustari Laise, mengatakan, berdasarkan hasil penelitian World Health Organization (WHO) bahwa, sebesar 80 persen infeksi, bersumber dari tangan.

Dia memaparkan, ada beberapa cara mencuci tangan degan baik dan benar yaitu, menggosok telapak tangan, menggosok punggung tangan yang dilakukan bergantian, menggosok sela-sela jari tangan, menggosok punggung jari tangan dengan saling mengunci, menggosok ibu dengan arah ke bawah secara bergantian, dan menggosok ujung jari pada telapak tangan secara bergantian.

“Ada lima waktu diperlukan untuk mencuci tangan di antaranya, sebelum kontak dengan pasien, sebelum melakukan tindakan aseptik, setelah kontak cairan tubuh pasien, setelah kontak dengan pasien, dan setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien,” jelasnya, Jum’at (28/04/2017).

Sementara, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi RSUD Andi Makkasau Parepare, Firtriani Djamain, mengatakan, pedoman tersebut harus dikuasai semua jajaran yang di RSUD maupun pengunjung. Utamanya, kata dia, dalam operasional rumah sakit, sejak masuk sampai meninggalkan rumah sakit.

“Itu juga sangat penting dan berlaku untuk para pengunjung maupun keluarga pasien. Sosialisasi tersebut, mulai intens kami lakukan sejak tahun 2016 lalu dalam lingkup rumah sakit,” ungkapnya. (luk)


Tag
div>