SENIN , 18 DESEMBER 2017

Hanura Jadi Penentu Jumlah Kontestan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 17 Oktober 2017 14:45
Hanura Jadi Penentu Jumlah Kontestan

Bahar Ngitung

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Arah usungan partai politik pada Pilkada Pinrang makin jelas. Dari 11 partai politik pemilik kursi di DPRD Pinrang, tersisa Partai Hanura yang belum menentukan usungan.

Sejauh ini, terdapat dua kandidat yang sudah pasti melenggang maju di pesta demokrasi lima tahunan tersebut melalui jalur parpol. Keduanya yakni, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latief dan Ketua Demokrat Pinrang, Andi Irwan Hamid (AIH).

Keduanya sudah mengantongi sejumlah rekomendasi parpol. Abdul Latief didukung, Golkar (5 kursi), PPP (4 kursi), NasDem (2 kursi) dan PBB (1 kursi). Sementara AIH disokong Partai Demokrat (5 kursi), Gerindra (5 kursi), PDI-P (4 kursi) dan PKB (3 kursi).

Bakal calon lain yang disebut-sebut berniat untuk maju yakni legislator DPR RI, Jamaluddin Jafar Jerre (Triple J). Namun Triple J baru mengantongi dua rekomendasi parpol yakni, PKS (5 kursi) dan PAN (2 kursi). Triple J masih butuh satu kursi lagi.

Praktis, Triple J harus meyakinkan Partai Hanura yang memiliki 4 kursi di parlemen untuk maju melalui jalur parpol. Jika Triple J mampu mendapat rekomendasi Hanura, maka Pilkada Pinrang bisa dipastikan hanya diikuti tiga calon.

Koordinator DPP Hanura Wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra, Bahar Ngitung (Obama) mengakui partainya hingga kini belum menentukan usungan. Ia mengaku jika Hanura selektif melihat figur yang berpotensi diusung.

“Memang kita masih selektif melihat figur yang berpeluang untuk diusung. Apalagi beberapa kandidat yang maju semua berpeluang menang,” ujar Obama.


div>