RABU , 24 OKTOBER 2018

Hanura PeDe Menang di Enam Daerah

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 23 April 2016 10:43
Hanura PeDe Menang di Enam Daerah

int

MAKASSAR,RakyatSulsel.com – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mulai pasang kuda-kuda. Menghadapi pilkada serentak gelombang ketiga tahun 2018 mendatang, partai besutan Wiranto ini menargetkan 100 persen kemenangan di Sulsel.

Diketahui, pada Pilkada serentak 2015 lalu, partai Hanura hanya mampu memenangkan satu daerah dari sebelas daerah yang melaksanakan Pilkada. Rupanya, pengalaman pahit tersebut membuat DPD Partai Hanura Sulsel sadar betul untuk melakukan persiapan lebih awal.

Adapun daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 mendatang antara lain kabupaten Bone, kabupaten Sinjai, kabupaten Bantaeng, kabupaten Jeneponto, kabupaten Sidenreng Rappang, kabupaten Wajo, kabupaten Pinrang, kabupaten Enrekang, kabupaten Luwu, Kota Makassar, Kota Pare-pare, dan kota Palopo.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPD Hanura Sulsel, Imbar Ismail mengatakan tidak menginginkan keterpurukan partai Hanura kembali terulang pada Pilkada serentak 2018 mendatang. Bahkan, ia menargetkan akan menyapu bersih Pilkada serentak 2018 mendatang.

“Kita tidak ingin katerpurukan partai pada Pilkada serentak jilid pertama 2015 lalu kembali terulang, oleh karena itu partai menargetkan akan memenangkan seluruh Pilkada serentak jilid dua 2018 mendatang,” ujarnya, Jumat (22/4).

Anggota DPRD Sulsel ini mengatakan akan mengusung kader internal pada daerah yang memiliki jumlah kursi di atas dua seperti Kota Makassar, Sinjai, Jeneponto, Pinrang, Luwu, dan Bantaeng. Menurutnya, ia akan memprioritaskan daerah tersebut untuk dimenangkan.

[NEXT-RASUL]

“Tentu kita juga akan mengutamakan mengusung kader internal yang memiliki potensi untuk dimenangkan seperti Makassar kita punya 5 kursi, Sinjai 4 kursi, Pinrang 4 kursi, Jeneponto 4 kursi, Luwu 3 kursi, dan Bantaeng 3 kursi. Dan daerah ini akan kita prioritaskan untuk dimenangkan,” jelasnya.

Imbar menegaskan, tidak akan gagal dalam Pilkada serentak mendatang. Sebab menurutnya, salah satu cara untuk memperbanyak kader untuk masuk menjadi anggota DPRD didaerah adalah dengan memenangkan Pilkada.

“Saya pastikan tidak akan gagal pada Pilkada serentak mendatang, sebab faktanya adalah ketika kita mampu memenangkan Pilkada juga akan berpengaruh pada jumlah kursi Hanura pada DPRD didaerah,” terangnya.

Senada dengan Imbar Ismail, Sekretaris DPD Hanura Sulsel, Waris Halid mengatakan partainya akan memenangkan seluruh Pilkada serentak 2018 mendatang. Menurutnya, baik kader yang akan didorong atau hanya akan menjadi partai pengusung tetap harus dimenangkan.

“Kalau berbicara masalah target, tentu kita memiliki target yang tinggi yakni akan memenangkan seluruh Pilkada mendatang, baik pada daerah dimana partai mengusung kader maupun hanya sebagai partai pengusung,” bebernya.

Ia menambahkan, untuk mencapai terget tersebut DPD Hanura Sulsel akan memperbaiki seluruh infrastruktur pengurus hingga tingkat anak ranting. Selain itu, kata dia, ia juga akan melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus.

[NEXT-RASUL]

“Untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah, oleh karena itu kita saat ini tengah melakukan persiapan secara dini, yakni memperbaiki infrastruktur partai hingga tingkat ranting, kita juga akan memperbaiki SDM pengurus,” jelasnya.

Lanjut Waris, pihaknya juga akan melakukan evaluasi program dan strategi politik Hanura berdasarkan pengalaman Pilkada serentak 2015 lalu. Ia menilai, Hanura akan berhati-hati dalam menentukan calon kepala daerah yang akan diusungnya pada Pilkada 2018 mendatang.

“Saya dan pengurus DPD Hanura Sulsel yang lain akan melakukan evaluasi strategi politik yang akan kami lakukan pada Pilkada serentak 2018 mendatang, seperti pengalaman lalu kita mengusung incumbent tapi ternyata kalah, sehingga kita akan berhati-hati dalam memberikan rekomendasi usungan,” terangnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Kabupaten Jeneponto, H. Mulyadi mengaku optimistis untuk mengusung kader internal pada Pilkada Jeneponto 2018 mendatang. Menurutnya, 4 kursi yang dimiliki partai Hanura di DPRD Jeneponto membuktikan Hanura kuat dan siap bersaing.

“Saya sebagai ketua DPC Hanura di Jeneponto tentu optimis untuk mengusung kader pada Pilkada Jeneponto 2018 mendatang, dengan modal 4 kursi yang ada pada DPRD membuat Hanura di Jeneponto itu diperhitungkan,” ucapnya.

Ketika ditanya tentang siapa yang akan diusungnya pada Pilkada Jeneponto, Mulyadi mengatakan belum bisa menentukan. Bukan hanya itu, ia juga belum bisa menentukan apakah akan mengusung bakal calon bupati atau wakil bupati.

[NEXT-RASUL]

“Belum pi ada kader yang kita tentukan, kita juga belum menentukan akan mengusung bakal calon bupati atau wakil bupati, sebab Pilkada kan masih lama. Kita lihat perkembangannya saja nanti, yang jelas kita akan melakukan komunikasi dengan semua partai yang ada,” jelasnya.

Terkait hal itu, Manager Strategi Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI), Irfan Jaya mengatakan setiap partai mestinya memasang target maksimal pada setiap moment politik seperti Pilkada serentak 2018 mendatang. Ia menilai, dengan target yang maksimal tersebut nantinya akan memicu semangat juang kader untuk mecapai target tersebut.

“Mestinya memang partai itu harus menargetkan menang pada tiap moment politik terutama Pilkada, sebab dengan target menang tersebut secara otomatis akan mendorong semangat juang kader untuk bekerja secara maksimal dalam mencapai target,” tegasnya.

Hanya saja, kata Irfan, Partai Hanura harus melakukan evaluasi internal mengingat pengalaman dalam mengikuti Pilkada sering mengalami kegagalan. Ia menilai, salah satu alasan Hanura seringkali gagal pada Pilkada karena pengurus DPP kerap mengusung kandidat tanpa keselarasan dengan harapan pengurus daerah.

“Tapi saya kira perlu dilakukan evaluasi internal karena seingat saya Hanura seringkali gagal dalam Pilkada, tapi dari pengamatan saya Hanura gagal dalam Pilkada itu disebabkan DPP mengeluarkan rekomendasi tidak sesuai dengan harapan daerah, padahal pengurus daerahlah yang sangat memahami situasi lokal,” jelasnya. (E)


div>