MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

HarapanKu Komitmen Tingkatkan Produksi Beras di Pangkep

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 15 September 2015 13:17
HarapanKu Komitmen Tingkatkan Produksi Beras di Pangkep

Karussamad menggendong bayi salah seorang warga di Kampung Lejang Samalewa Bungoro Pangkep. (Herman/RakyatSulsel)

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Seorang warga Kampung Lejang Kelurahan Samalewa Bungoro bernama Hasbullah memanfaatkan kesempatan saat Kamrussamad berkunjung ke kampungnya, Selasa (15/9). Dia lalu curhat habis-habisan tentang berbagai permasalahan yang dihadapi dirinya dan masyarakat di kampungnya. Apalagi kalau bukan masalah irigasi, pupuk dan turunnya produksi padi.

curhat mengenai masalah irigasi dan pupuk untuk pertanian yang berdampak pada turunnya produksi beras ke calon Wakil Bupati Pangkep nomor 1 Kamrussamad saat kampanye Selasa (15/9).

Kepada calon wakil bupati Pangkep Nomor Urut 1 ini, Hasbullah mengungkapkan, warga Samalewa terkendala masalah pertanian, karena tidak optimalnya alur perairan/irigasi. Selain itu, katanya, distribusi pupuk tidak merata, demikian juga alat-alat produksi pertanian lainnya.

“Masalah irigasi pak, airnya sudah kering, peralatan pertanian yang terbatas, yang menurunkan produksi beras di pangkep,” ucapnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Kamrussamad menegaskan, mereka berkomitmen akan mengembalikan kejayaan hasil pertanian Pangkep sebagai penghasil beras terbesar di Sulsel.

Untuk itu, Pasangan cabup-cawabup bertagline HarapanKu ini berjanji menyelesaikan masalah air dengan membuat bendungan.

“Yang kedua, kita akan memberikan bibit padi yang berkualitas baik, dan menyediakan pupuk yang berkualitas. Kita bisa memperbaiki alur distribusi pupuk sampai di petani, dan menyediakan alat-alat Pertanian,” kata Kamrussamad kepada warga Samalewa.

Dia menambahkan, ini adalah program nasional, melalui penyedian beras untuk rakyat miskin. Dia mengatakan 5 tahun ini warga membayar untuk mendapatkan raskin.

“Jika terpilih nanti, Harapanku akan membebaskan biaya raskin untuk rakyat miskin di Pangkep,” janjinya.

Selain itu, Kamrussamad dan Abd Rahman akan membangun Pangkep dengan kejujuran. Dikatakan, ekonomi bisa kuat, salah satunya industri rumah tangga dengan membuat ekonomi wiraswasta industri rumah tangga.

“Pembinaan usaha kecil menengah yang berasal dari industri rumah tangga. Pemda Pangkep mempunyai kurang lebih 20 Miliar rupiah di BPR untuk membantu usaha kecil menengah,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, mengenai masalah kesehatan, pemerintah pusat telah meluncurkan BPJS kesehatan. Pemerintah daerah bisa membantu biaya kesehatan dari alokasi dana kesehatan sehingga pelayanan kesehatan di puskesmas dan Rumah Sakit dapat ditingkatkan, dengan menambah dokter dan perawat, bidan serta tenaga medis yang memenuhi standar kelayakan.

“Warga tak perlu lagi jauh berobat. Masyarakat harus mendapat pelayanan kesehatan secara menyuluruh mulai dari pelosok desa,” tandas Kamrussamad.


div>