KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Hardiknas, UMI Dapat Kado Spesial Buka Prodi Baru Sistem Informasi

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Ridwan Lallo

Rabu , 02 Mei 2018 23:08
Hardiknas, UMI Dapat Kado Spesial Buka Prodi Baru Sistem Informasi

Foto: Suryadi Maswatu/Rakyatsulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bertepatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2018, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendapat kado spesial. Dihari bersejarah itu, UMI mendapat kepercayaan membuka program studi (Prodi) baru Sistem Informasi.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) izin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Nomor 307/KPT/l/2018 diserahkan langsung oleh Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasrudin kepada Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mukhtar usai upacara Hardiknas, di Kampus UMI, Rabu (2/5).

“Kepercayaan diberikan kepada kami di UMI buka program studi baru yaitu sistem informasi pada Fakultas Ilmu Komputer, tentunya menjadi kesyukuran bagi kami,” kata Masrurah.

Pembukaan prodi baru tersebut merujuk pada permohonan pihak UMI dalam surat Nomor 0611a/K.11/UMI /III/2017 tanggal 7 Maret 2017 perihal rekomendasi Kopertis wilayah IX dalam Surat Nomor 894 / K9 /KK. 02 / 2017 tanggal 7 Maret 2017, perlu memberikan izin pembukaan prodi sistem informasi program sarjana di UMI Makassar.

Permintaan tersebut mendapat restu dari Kemenristekdikti dengan nomor 307 / KPT/l/2018. Tentang izin pembukaan program studi baru sistem informasi Strata Satu (S1) pada UMI Makassar.

“Dengan adanya prodi baru Sistem Informasi, maka jumlah prodi di UMI sebanyak 57 di 13 fakultas,” kata rektor dua periode itu.

Pada kesempatan ini, selain penyerahan program studi sistem informasi, Kemenristekdikti juga merevisi penyelenggara badan hukum UMI dari Yayasan Wakaf UMI Ujung Pandang menjadi Yayasan Wakaf UMI Kota Makassar.

Terkait dengan Hardiknas di UMI, Masrurah mengatakan, ini tradisi baru setiap tahun. Momentum ini tepat untuk apalagi jelang ramadan dan penerimaan mahasiswa baru (maba).

Sementara itu, Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr Jasrudin mengatakan, prestasi yang diraih UMI sudah banyak sehingga sangat tepat jika kegiatan Hardiknas ini juga dilaksanakan di UMI.

Menurutnya, tema Hardiknas menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan dengan sub tema membuktikan penddidikan tinggi, meningkatkan sumberdaya manusia” patut di pahami.

“Perguruan tinggi harus lebih memahami esensia segala perubahan, peka terhadap tantangan karena itu perguruan tinggi harus cepat bertanggungjawab atas segala permasalahan,” singkatnya. (*)


div>