JUMAT , 15 DESEMBER 2017

Harga Jeruk Nipis Makin Kecut

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 09 Oktober 2017 11:30
Harga Jeruk Nipis Makin Kecut

Rempah-rempah. (Doc RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jeruk nipis merupakan pelengkap citarasa berbagai hidangan masakan. Meski cuka sebagai penggantinya, tetapi masyarakat sangat membutuhkan jeruk nipis.

Namun, beberapa hari ini terjadi lonjakan harga di pasar tradisional maupun ritel modern.

Berdasarkan hasil pantauan, salah seorang pedagang bakso bernama Murni, berada di Jl Landak Baru, Makassar mengaku tidak menggunakan jeruk nipis beberapa hari ini diakibatkan melonjaknya harga.

“Sekarang saya tidak pakai jeruk nipis. Alasannya, harganya naik Rp25 ribu per kilogram. Jadi saya pakai cuka saja,” bebernya.

Dia mengaku, tidak mengetahui apa penyebab kelonjakan harganya yang meningkat drastis. “Tidak saya tahu apa penyebabnya, tapi ini naik saat usai lebaran Iduladha, bulan kemarin,” terangnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Asosiasi Suplayer Toko Ritel Modern (Astom), Makmur Mingko mengatakan hingga saat ini belum ada tanda-tanda yang dilakukan pemerintah untuk menstabilkan harga jeruk nipis.

“Belum ada tindakan dari Pemerintah. Harganya masih melejit, Rp28 ribu hingga Rp30 ribu sekilonya. Padahal dulu, harga normalnya kisaran Rp4000, sedangkan hari raya hanya Rp12 ribu saja,” jelasnya.


div>