RABU , 14 NOVEMBER 2018

Hari Anak Internasional, Siswa di Sidrap Gelar OCD

Reporter:

Hamsah

Editor:

Iskanto

Kamis , 01 November 2018 11:08
Hari Anak Internasional, Siswa di Sidrap Gelar OCD

int

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Siswa di Sidrap menggelar Outdoor Classroom Day (OCD) dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional yang dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan di sejumlah sekolah secara serentak mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai tingkat SMA.

Rangkaian kegiatan OCD ini, semua Guru menyambut siswa melalui Senyum, Sapa, Salam (3S). Kemudian dilanjutkan siswa menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Cuci Tangan Sebelum Makan, Sarapan Sehat, Baca Buku di luar kelas kemudian simulasi sadar bencana alam, Senam Germas, Permainan Tradisional Yel-yel Sekolah Ramah Anak (SRA), Pelantikan Tim SRA.

Kepala Sekolah SMAN 2 Sidrap, Rustam sebagai salah satu sekolah pelaksana kegiatan mengatakan, bermain merupakan salah satu hak anak, yang mampu mengajarkan keterampilan penting dalam kehidupan seperti daya tahan, kerja sama, dan kreativitas. OCD atau Belajar di luar kelas adalah hari untuk menginspirasi pembelajaran di luar kelas.

Belajar di luar kelas merupakan Kampanye Global untuk menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas dengan mengintegrasikannya kedalam proses pembelajaran dengan mengusung berbagai tema, di antaranya perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta pelestarian permainan tradisional.

Belajar di luar kelas diharapkan mampu meningkatkan kesehatan anak, melibatkan anak dalam pembelajaran, mengajak anak turut melestarikan permainan tradisional, serta mendorong keterikatan anak dengan alam.

Kepala Seksi Kualitas Keluarga Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ir Hj Sitti Halija mengatakan kegiatan OCD ini dilakukan dengan tujuan dalam rangka mendukung penerapan sekolah ramah anak.

Menunjang peningkatan kualitas pendidikan anak dalam berinteraksi baik dalam sekolah maupun dilingkungan keluarga dan masyarakat.

Belajar di luar kelas dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan. Kegiatan OCD dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia dalam rangka memperingati hari anak internasional.

Diketahui bahwa sekolah yang menyelenggarakan Peringatan Hari Anak Internasional yang dikemas dalam OCD adalah Paud Dara Lestari Amparita, SDN 1 Amparita, SMP 1 Panca Lautang, MTs Baranti, SMA 2 Sidrap dan SMKN 1 Sidrap. (*)


div>