SELASA , 18 DESEMBER 2018

Hari Ini, Logistik Pemilu Tiba di Kabupaten/Kota

Reporter:

Iskanto

Editor:

Senin , 22 Oktober 2018 07:45
Hari Ini, Logistik Pemilu Tiba di Kabupaten/Kota

Petugas membawa kotak suara yang berisi logistik pemilu. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dijadwalkan tiba di kabupaten/kota hari ini, 22 Oktober.

Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi mengatakan, logistik tersebut sudah didistribusikan ke Sulawesi Selatan dan akan didistribusikan ke daerah. “Besok (hari ini) akan didistribusikan ke daerah,” ujarnya.

Syarifuddin mengaku sudah melakukan pemantuan tempat penyimpanan logistik Pemilu 2019 di sejumlah kabupaten dan kota.

“Hampir sebagian kabupaten dan kota kami sudah melakukan pemantuan tempat penyimpanan logistik Pemilu 2019. Dari hasil pantuan ada layak digunakan dan ada pula yang tidak. Makanya kami meminta agar tempat penyimpanan logistik yang kurang layak agar bisa diperbaiki untuk dapat menampung logistik yang berbahan kertas dan kardus,” kata Syarifuddin.

Komisioner KPU Luwu Utara, Suprianto mengatakan, jumlah kotak suara yang dibutuhkan sebanyak 4 945 kotak. Sedangkan bilik suara kurang lebih sama dengan jumlah kotak tersebut.

“Sesuai informasi yang kami dapat dari Jakarta, Senin (hari ini) distribusi logistik Pemilu sudah tiba di Luwu Utara,” katanya.

Ia pun mengaku telah menyiapkan gudang tempat penyimpanan logistik tersebut. “Dan itu cukup dan representatif sebagai tempat penyimpanan,” ujar Suprianto.

Sementara itu, Ketua KPU Pangkep, Burhan Jatilim mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tempat penyimpanan logistik pemilu berupa kotak dan bilik suara. “Tempat penyimpanan, cukup representatif sebab berada didalam kantor Sekretariat KPU Pangkep,” katanya.

Adapun jumlah kotak yang dibutuhkan oleh KPU Pangkep berdasarkan jumlah TPS. Yakni sebanyak 966 dikali lima. “Jadi kotak suara sekitar 4.830. Untuk bilik saya tidak begitu hafal datanya,” ungkapnya.

Mengenai kapan logistik pemilu ini diterima, Burhan mengaku belum mendapat informasi. “Kami kan dekat. Biasanya daerah yang jauh dulu yang diutamakan,” tutur Burhan.

Adapun Ketua KPU Selayar, Sukardi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tempat penyimpanan logistik Pemilu 2019 jika tiba di Selayar.

Jumlah kotak suara yang dibutuhkan oleh KPU Selayar berdasarkan jumlah TPS. Ia mengaku membutuhkan sekitar 2.240 kotak suara. “Kami punya gudang. Cukup untuk menyimpan logistik Pemilu,” katanya. (*)


div>