SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Hari Ini, Mentri Agama Resmikan Wisma Haji di Sudiang

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 05 April 2017 09:28
Hari Ini, Mentri Agama Resmikan Wisma Haji di Sudiang

Mentri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin

MAKASSAR,RakyatSulsel.com – Mentri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan meresmikan Wisma Haji di Asrama Haji Sudiang, Rabu (5/3) hari ini.

Kedatangan Mentri Agama disampaikan langsung Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Sulsel, Abdul Wahid Thahir, Selasa (4/3) di ruang kerjanya. “Bapak Menteri Agama RI sudah mengkonfirmasi Kedatangannya di Kota Makassar pada hari Rabu tanggal 5 April 2017 untuk menghadiri sejumlah acara penting,” ujarnya.

Sejumlah acara yang bakal dihadiri Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin, diantaranya membuka Rapat Kerja Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Sulsel di Hotel Dalton, meresmikan Pemakaian 3 unit Bangunan Baru Wisma Haji di Asrama Haji Sudiang Makassar.”Rencananya Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin beserta rombongan akan Tiba di Bandara internasional Sultan Hasanuddin Makassar Sekitar pukul  08.00 Pagi,” tukas Abdul Wahid.

Di Asrama haji sendiri menurut Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar H. Muhammad Nasir saat ini sedang berlangsung Expo Haji dan Umrah 2017 yang diikuti 40 stand dari berbagai biro perjalanan haji dan umrah serta instansi terkait lainnya. “Selain itu juga berlangsung Rapat Koordinasi Persiapan Operasional Haji Se-Indonesia 1438 H/2017 M yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag RI yang pesertanya terdiri dari Para Pejabat Eselon di Lingkup Dirjen PHU Kemenag RI, seluruh Kepala Bidang PHU Kanwil dan Kepala UPT Asrama Haji se-Indonesia, ditambah Seluruh Kakankemenag Dan Kepala Seksi PHU Se-Sulsel. Acara Rakor Haji ini juga akan dibuka langsung oleh Bapak Dirjen PHU Kemenag RI Prof. DR. H. Abd. Jamil, MA,” jelasnya.

Sementara, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Jamil mengatakan pemerintah telah sepakat mengenai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahun 2017 ini, meningkat sebesar Rp 249.008 dari Rp 34.641.304 menjadi Rp34.890.312. Dengan naiknya BPIH diharapkan pelayanan bagi Jemaah Haji Indonesia turut meningkat karena terdapat penambahan pembayaran yang dilakukan pemerintah. “Tentu akan naik dan harus naik dan pelayanan  harus di atas 83,83 persen. Semua lini pelayanan juga akan kita maksimalkan kedepan,” ujarnya saat mengunjungi Asrama Haji Sudiang, kemarin.

 

[NEXT-RASUL]

Dirinya menyebutkan jika peningkatan pelayanan tersebut mulai dari porsi makanan bagi jemaah di Mekah saat ini sudah menjadi 25 kali dan di Madinah 18 kali dan terdapat pula biaya satuan penyelenggaraan haji di kabupaten/kota dan di Kantor Urusan Agama, masing-masing sebesar Rp75.000 sebanyak 10 kaIi di luar Jawa dan 8 kali di Pulau Jawa. “Pelayanan dapat dimaksimalkan dengan adanya alokasi kuota petugas haji Indonesia sebanyak 3.500 orang. Begitu pun dengan peningkatan kualitas pelayanan bis antar kota, bis shalawat dan bis menuju Armina,” ujarnya

Diketahui, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia pada 2016 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menyimpulkan kepuasan jemaah sebesar 83,83 persen. Angka tersebut naik 1,16 point jika dibandingkan IKJHI 2015 sebesar 82,67 persen. “Survei yang  telah dilakukan tersebut memasuki tahun ke-7 dengan cara dilaksanakan BPS dengan tiga metode pengumpulan data, yakni pengumpulan kuesioner, wawancara, dan observasi. Ada sembilan pelayanan yang diukur BPS kepada Jemaah Haji. Nah itu yang menjadi tolak ukur kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Naik sampai 90 persen, itu bukan tidak mungkin kan,” ungkapnya.

Abdul Jamil menyebutkan jika  sembilan kategori layanan yang disurvei BPS kepada jamaah haji, diantaraya pelayanan petugas kloter, pelayanan transportasi shalawat, pelayanan beribadah, layanan bis antarkota, dan layanan petugas non kloter. (Fah-Yad/D)


div>