RABU , 14 NOVEMBER 2018

Hari Ini, Pedagang Pasar Sentral Direlokasi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 05 Mei 2017 09:47
Hari Ini, Pedagang Pasar Sentral Direlokasi

Kondisi pembangunan Pasar Sentral Makassar, saat diabadikan belum lama ini. foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pedagang eks Pasar Sentral Makassar akhirnya bisa bernapas lega. Para pedagang sudah akan direlokasinya ke gedung Makassar Mall, Jumat (5/5) hari ini. Relokasi para pedagang dilakukan pihak pengelola Makassar Mall secara bertahap.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Sentral Makasar (APPSM), A Parenrengi membenarkan hal ini, Ia mangatakan jika pihaknya memang telah menggelar rapat yang membahas proses mekanisme relokasi para pedagang.

“Iya, saya sudah dikonfirmasi terkait hasil rapatnya, melalui wakil saya di APPSM, soalnya saat ini saya sementara ada di Jakarta jadi tidak sempat mengikuti rapatnya. Laporannya itu terkait rencana pemindahan para pedagang untuk menempati lods masing-masing yang telah disediakan besok (hari ini),” ucapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Jumat (5/5).

Namun, tambah Parenrengi, relokasi yang akan dilaksanakan itu, tidak sekaligus, melainkan bertahap yang dimulai dari para pedagang basah seperti penjual ikan, penjual sayur dan lain-lain. Sementara pedagang jenis lain, seperti penjual aksesoris serta pakaian, akan menyusul setelah pedagang basah itu. Sebab mereka membutuhkan pembenahan tempat seperti dekorasi dan sebagainya.

“Pada prinsipnya, seluruh pedagang itu sudah siap untuk direlokasi. Pedagang lama itu direlokasi sebanyak 1.960 kios dan pedagang baru itu ada lebih 3.000. Jadi kemungkinan butuh waktu sekitar sebulan untuk merelokasi seluruh pedagang,” sambungnya.

Parenrengi juga mengakui, masih terdapat pedagang yang belum bersedia membayar lods yang disiapkan. Karena dinilai harga yang ditawarkan terlalu tinggi, namun pihaknya saat ini masih terus memberikan kesempatan kepada kelompok tersebut untuk melakukan negoisasi dengan pihak MTIR.

“Yang jelas ditarget sebelum puasa para pedagang sudah masuk semua dan masing-masing telah menempati tempat jualan barunya,” kuncinya.

[NEXT-RASUL]

Terpisah, Direktur Utama PD Pasar, Rahim Bustam juga membenarkan jika pemindahan pedagang ke gedung baru akan dimulai hari ini.

“Kita telah menggelar rapat terkait proses relokasi itu. Sekaligus membahas kendala yang mungkin akan ditemui di lapangan,” ujarnya.

Terkait masih adanya pedagang yang belum sepakat mengenai harga lods, Rahim menyampaikan jika 70 persen pedagang Pasar Sentral sudah membayar ke pihak MTIR.

“Kalaupun masih ada yang belum sepakat dengan harganya, silahkan negoisasi dengan MTIR. Kalau sudah sepakat dan membayar ya siap-siap menempati lods,” ujarnya.

Demi menghindari hal-hal yang bisa menggangu jalannya proses pemindahan ini, pihaknya akan melibatkan pihak kepolisian.

“Kepolisian tentu akan kita libatkan untuk pengawalan. Hanya untuk mengantisipasi persoalan keamanan saja yang mungkin terjadi di lapangan,” kuncinya. (***)


div>