MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Hari Ini Pengukuhan Guru Besar Najmuddin A. Safa

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 14 Maret 2017 06:00
Hari Ini Pengukuhan Guru Besar Najmuddin A. Safa

int

RakyatSulsel.com – Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. H. Najmuddin bin Abduh Shafa, dalam bidang Bahasa Arab pada Hari Selasa, 14 Maret 2017 di Ruang Senat Rektorat Unhas. Pengukuhan tersebut merupakan pencapaian akademiknya yang paripurna. Pidato pengukuhan berjudul: “Kajian Kebahasaan dan Urgensinya dalam Memahami Teks-teks Agama dari Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW”, disampaikan pada upacara penerimaan jabatan Guru Besar dalam Bidang Bahasa Arab pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, di depan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa tersebut.

Prof. Najmuddin HS dilahirkan, 15 Juli 1951 di Bone. Latar belakang pendidikan agama yang kuat, mulai mengaji kitab kuning pada ayahnya, KH. Abduh Shafa di Bone dan masuk di Pesantren As’adiyah Sengkang mengaji kitab kuning pada sejumlah ulama diantaranya KH. Muh. Yunus Maratan, Ketua Umum PB As’adiyah kala itu. Kemudian hijrah ke Makassar dan mengaji kitab kuning serta kuliah. Diantaranya mengaji pada KH. Muh. Nur dan KH. Abdul Qadir Khalid. Sementara di IAIN Alauddin menjadi mahasiswa yang dekat dengan KH. Mustafa Nuri.

Sebelum selesai di IAIN Alauddin, beliau kemudian 1979 melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, hingga meraih gelar MA. Terhitung Januari 1977 Najmuddin tercatat sebagai salah seorang mahasiswa di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab ( Syu’bah Ammah) Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar ( Kulliyyah al-Lughah al-’Arabiyyah Jami’at al-Axhar) Kairo Mesir. Kemudian tahun 1978 sempat masuk kuliah di Ma’had al-Dirasat al-Islamiyyah ( Institute Islamics Study )  Zamalik dengan mengambil Dirasah Islamiyah untuk diploma ’Aliy. Skripsi beliau diuji oleh; Prof. Dr. Abdullah al-Husainy, Prof. Dr. Zaenal Abin Salamah, Prof. Dr. al-Mukhtar  Abdul Hadi. Kemudian lanjut program magister dan menulis tesis : Analisis al-Ashmuni  Dalam  Juz  kedua  Dari  Kitab  Syarhu  Alfiyat  Bni  Malik : Suatu  Studi  dan  Analisis ) Lulus  dengan  ‘ mumtaz, cemerlang.

Selama puluhan tahun menuntut ilmu di Mesir memberi banyak kesempatan kuliah dan berorganisasi diantaranya membentuk perkumpulan mahasiswa Mesir asal Sulsel. Di Mesir memiliki kesempatan bertemu sejumlah tokoh nasional. Diantaranya Baharuddin Lopa yang sempat didampingi selama kunjungannya selama di Mesir kala itu.

Setelah kembali ke tanah air, sempat mengajar di Jakarta sebelum ke Unhas. Prof. Dr. Najmuddin HS, MA bertemu kembali dengan Baharuddin Lopa di Jakarta. Maka melalui jasanya sempat mempertemukan dengan Prof. Dr. Basri Hasanuddin yang memintanya untuk mengajar di Unhas. Sepulang dari Mesir, beliau mempersunting Dra. Hj. Faridah Rahman, MA, Dosen Unhas yang juga putri KH. Abdurrahman sahabat KH. Abd. Shafa. Meraih doktor di Malaysia dan tahun 2009.

Ditengah kesibukannya mengajar selaku guru besar di Unhas dan dosen tamu di Pascasarjana UIN Alauddin, kecintaanya pada ilmu semakin tinggi, sehingga tetap prioritas mengembangkan keilmuan dengan mengajar di berbagai perguruan tinggi serta aktif di beberapa lembaga baik mengabdi di sejumlah perguruan tinggi maupun organisasi keagamaan seperti di NU dan MUI Sulsel. Aktif memberikan pengajian kitab kuning di Pesantren An-Nahdlah. Sehari-hari bertugas sebagai Guru Besar Universitas Hasanuddin. Mendapat amanah sebagai Syekhul Ma’had di Pesantren An-Nahdlah.

Beliau senantiasa memberi nasehat baik di kalangan santri dan mahasiswanya. Misalnya, beliau mengutip nasehat AGH. Muh. Yunus Maratan, gurunya, agar senantiasa membantu agama Allah, niscaya Allah akan tahu kebutuhanmu.

[NEXT-RASUL]

 

DATA DIRI

Nama : Prof. Dr. H. Najmuddin H. Abd. Safa, MA
Tempat/Tanggal Lahir   : Bone, 15 Juli 1951
NIP.  : 195107151988031001
Pekerjaan : Dosen Tetap Fakultas Ilmu Budaya Unhas, TMT, 1 Maret 1988
Pangkat/Gol. : Pembina Utama Madya/IV d
Jabatan : Guru Besar, TMT, 1 Desember 2009
SK. : No. 94173/A4.5/KP/2009
Bidang Keahlian  : Bahasa dan Sastra Arab
No. Sertifikat Pendidik  : 081 005 107 79
Alamat Kantor : Jln. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea Makassar.
Telp/Faks.  : 0411-587 223
Alamat Rumah   : Kompleks Hasanuddin Blok B/21 Pandang-Pandang,
Kel. Kalegowa, Kec. Somba Opu, Sungguminasa, Kab. Gowa
Istri   : Dra. Hj. Farida Rahman, MA
Anak   : dr. Najdah Hidayah, S. Ked.
Saudara: 1. Drs. KH. Muh. Harisah AS (alm)
2. Dr. KH. Baharuddin HS, MA
3. Hj. Khadijah HS
4. Ir. H. Ahmad HS
5. Prof. Dr. H. Saifuddin, HS, MA (alm)
Pendidikan   :        
1.    Madrasah Ibtidaiyah Pesantren As’adiyah Sengkang, 1964
2.    Madrasah Tsanawiyah Pesantren As’adiyah Sengkang, 1967
3.    Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri Watampone, 1968
4.    Madrasah Aliyah Pesantren As’adiyah Sengkang, 1969
5.    Sarjana Muda (BA) Bahasa dan Sastra Arab Fak. Adab IAIN Alauddin Makassar, 1973
6.    Diblum Al-Dirasah Islamiyah Ma’had al-Dirasah al-Islamiyah, Mesir, 1978
7.    Lc Bahasa dan Sastra Arab Bahasa Arab Universitas al-Azhar, Mesir, 1979
8.    Al-Sanah al-Tamhidiyah li al-Majatsir fi al-Adab al-Arabi Mahad al-Dirasah al-Islamiyah, Mesir, 1980
9.    MA (S2) Lughawiyah Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar, Mesir, 1986
10.     DR (S3) Bahasa dan Sastra Arab Fakulti Pengkajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia, 2000.


Tag
  • best people
  •  
    div>