KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Hari ke-8 Pendaftaran Lelang Sekprov, Baru Satu Pendaftar

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Iskanto

Selasa , 04 Desember 2018 07:51
Hari ke-8 Pendaftaran Lelang Sekprov, Baru Satu Pendaftar

Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sejak dibukanya lelang jabatan Sekertaris Provinsi (Sekprov) Sulsel 26 November lalu, hingga kini baru satu orang yang mendaftar. Dia adalah Marjani Sultan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Selayar.

Kepala Bidang Pengembangan Karir BKD Sulsel, Widyawati mengatakan, panitia seleksi sudah melakukan verfikasi berkas. Dan yang bersangkutan dinyatakan bersyarat atau bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

“Jadi baru satu orang yang daftar. Beliau adalah Sekda Selayar, Pak Marjani. Berkasnya lengkap. Pansel langsung melakukan verifikasi dan semua memenuhi syarat,” kata Wiwid, sapaan Widyawati, Senin (3/12).

Pendaftaran lelang jabatan Sekprov ini akan berakhir 10 Desember mendatang.
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) mengatakan, jabatan Sekprov adalah jabatan yang penting dalam pemerintahan.

“Ibarat istri dalam keluarga yang tahu apa mau suami. Makanya, Sekda harus diisi oleh orang yang berkompeten. Jika sampai batas waktu masih minim pendaftar, jadwal lelang akan diperpanjang,” ujar NA.

Ia menegaskan semua orang yang sudah memenuhi syarat dipersilahkan ikut. Termasuk kepala Dinas di Pemprov Sulsel, eselon IIA. Sejauh ini, kata Nurdin, belum ada satupun orang yang meminta restunya.

“Mungkin kepala dinas ini malu-malu kucing. Biasanya di akhir baru mulai daftar. Harus diperpanjang,” jelas NA.

Ia pun menyebutkan kunci seperti apa kriteria yang harus dipegang untuk menjadi Sekprov di eranya. Yakni bisa bekerja dengan baik, olehnya itu ia meminta agar para kepala dinas segera mendaftar.

“Belum ada yang minta izin, kuncinya kita kerja baik, tidak boleh ada yang malu. Selama memenuhi syarat, kenapa tidak. Garis tangan itu sudah ada yang atur,” paparnya.

Dikonfirmasi terpisah, Marjani mengaku siap bersaing. Dengan mengabdi selama sepuluh tahun di pemerintahan, menjadi modal kuat melirik jabatan strategis di Pemprov.

“Saya ingin membantu visi misi gubernur untuk Sulsel termasuk mendorong kemajuan pariwisata di Kabupaten Selayar,” ujarnya.

Diketahui, Marjani membawa sendiri berkasnya ke tempat pendaftaran yang disiapkan panitia seleksi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel yang berada di Kompleks Kantor Gubernur Sulsel, pada Minggu (2/12) pagi.

Marjani Sultan merupakan pejabat tinggi pratama eselon II Pemkab Selayar dengan posisi Sekda. Dia dilantik sebagai Sekda Selayar pada 21 Oktober 2016 lalu.

Sebelumnya, Marjani Sultan menjabat Kadis Kelautan dan Perikanan dan pelaksana tugas Sekretaris Daerah di kabupaten yang sama.

Sementara Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan, di lingkup Pemprov Sulsel sendiri, ada beberapa pejabat eselon II yang memenuhi kriteria untuk ikut seleksi itu.

Mereka adalah yang telah lulus Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) I. Beberapa diantaranya adalah Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Andi Bakti Haruni, Kepala Dinas Pendidikan Irman Yasin Limpo, Kepala Dinas Sosial Ilham A Gazaling, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tautoto Tana Ranggina, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jufri Rahman.

Karena sifatnya lelang terbuka, peserta seleksi juga dimungkinkan berasal dari luar lingkup Pemprov Sulsel. (*)


div>