SABTU , 23 JUNI 2018

Hari Lahir Pancasila, Momentum Aktualisasi Bangsa

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Jumat , 01 Juni 2018 13:58
Hari Lahir Pancasila, Momentum Aktualisasi Bangsa

Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila diselenggarakan di lapangan upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (1/6). (ist)

*73 Tahun Jadi Bintang Pemandu Bangsa

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Momentum Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni, menjadi peringatan bagi seluruh masyarakat Indonesia terhadap pentingnya mengamalkan lima hal yang menjadi patokan bangsa.

Untuk itu, pada upacara hari lahirnya Pancasila yang diselenggarakan di lapangan upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (1/6) telah menjadi bentuk implementasi bagi pemerintah Provinsi Sulsel menjadikan Pancasila sebagai bintang pemandu bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Pj Gurbernur Sulsel, Soni Sumarsono saat membacakan sambutan seragam dari Presiden Joko Widodo Selama 73 tahun. Menurtnya, Pancasila sudah menjadi rumah bangsa dengan mengamalkan Berbhineka Tunggal Ika.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan sebagai momentum pengingat, pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” kata Sumarsono.

Ia mengimbau agar seluruh elemen bangsa mengamalkan nilai-nilai Pancasila ini untuk kemajuan bangsa, sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia untuk masyarakat dunia. Ia bahkan ia melanjutkan bahwa Negara manapun di dunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk.

“Seringkali kemajemukan ini dibayang-bayangi oleh intoleransi dan ketidakbersatuan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi, dan dalam membangun persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia mengajak para ulama, tokoh agama, guru dan ustad, politisi dan jajaran aparat pemerintahan, anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh elemen bangsa, untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

“Semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi, akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” ujarnya. (*)


div>