SELASA , 12 DESEMBER 2017

Hari Pahlawan, Kapolres : Perkuat Persatuan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 10 November 2017 14:02
Hari Pahlawan, Kapolres : Perkuat Persatuan

Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji bertindak selaku inspektur upacara saat memperingat Hari Pahlawan, Jumat (10/11). ist

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap kembali melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan. Upacara tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Lama, Kabupaten Sidrap, Jumat (10/11/2017).

Dalam upacara tersebut, Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji bertindak selaku inspektur upacara. Witarsa saat membacakan sambutan seragam Menteri Sosial RI mengatakan, sejarah telah mencatat bahwa perjuangan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang saat ini menjadi bangsa berdaulat dan terhormat adalah bukan hadiah atau pemberian dari pihak manapun, tetapi melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik, dan disertai dengan pengorbanan dan para pahlawan pendahulu.

Dari berbagai kisah perjuangan salah satu pesan penting yang sekaligus menjadi tema hari pahlawan tahun ini adalah pesan untuk terus mempererat persatuan dan terus menjaga kebhinnekaan. “Pesan untuk terus bersatu, berdaulat adil dan Makmur dalam mengisi dan melanjutkan pembangunan pembangunan bangsa ini,” kata Witarsa.

“Kita harus memaknai peringatan hari pahlawan bukan hanya sekedar ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang kita yang telah gugur di medan laga,”lanjutnya.

Peringatan hari pahlawan tahun ini mengingatkan kata Witarsa menjadi momen untuk kembali mengenang bagaimana tekad para tokoh pejuang terdahulu dalam mengusung slogan masing-masing namun tetap menapikan ego pribadi dan golongan dan tetap mengutamakan semangat persatuan untuk satu tujuan kemerdekaan RI.

“Inilah pesan persatuan yang harus terus kita pegang dalam mewarisi kemerdekaan yang ditinggalkan tokoh bangsa ini yang juga menjunjung tinggi semangat persatuan,”ujarnya.

Di era kemajuan seperti ini, banyak tantangan yang dihadapi bangsa ini terutama untuk terus menjaga semangat persatuan dalam bersaing dengan bangsa lain terutama dalam memajukan negara ini. “Mari kita menjadi pahlawan di lingkungan kita masing-masing,” tandasnya. (*)


div>