SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Hari Pertama Penerimaan CPNS, Website BKN Tuai Protes Pelamar

Reporter:

Al Amin

Editor:

Iskanto

Rabu , 26 September 2018 17:29
Hari Pertama Penerimaan CPNS, Website BKN Tuai Protes Pelamar

Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka secara resmi penerimaan CPNS 2018 melalui situs website sscn.bkn.go.id, Rabu (26/9). Sayangnya, pendafatran untuk hari pertama  manuai banyak protes dari sejumlah pelamar.

Portal sistem seleksi CPNS nasional yang dikelola BKN sulit diakses oleh calon pendaftar. Hingga sore Rabu malam, website itu pun belum bisa menunjukkan tanda akan terbuka.

Berdasarkan pantauan laman portal SSCN bisa diakses pada pukul 08:00 WITA. Itupun memakan waktu yang cukup lama padahal kecepatan akses Internet yang dipakai sangat mumpuni.

Hal itu dikeluhkan oleh Haslina, pelamar asal Kota Palopo ini rencananya akan memilih formasi S1 Perawat di daerahnya. Hanya saja hingga malam hari dirinya pun belum sukses masuk untuk registrasi.

“Susah, tidak bisa dibuka, akses internet sudah bagus tapi loading nya tidak mau, ini sudah berjam-jam saya menunggu,” kata dia.

Hal yang sama diungkapkan Tendriani, pelamar CPNS asal Luwu Utara ini mengeluh lantaran akses untuk masuk registrasi di link yang disediakan BKN tidak bisa, untuk itu ia akan menunggu hingga malam hari.

“Saya sudah coba buka tapi tidak bisa, nanti tengah malam baru saya coba lagi semoga sukses,” ujar pelamar yang rencananya akan memilih formasi guru Pendidikan Bahasa Indonesia ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Faksirie Radjamilo mengatakan, jika beratnya akses internet ini bisa jadi dikarenakan banyaknya masyarakat yang mengakses situs SSCN untuk mendaftar. Oleh sebab itu, server menjadi penuh dan trafik menjadi lambat.

“kerap terjadi, apa lagi jika hari pertama dibukanya pendaftaran. Banyak yang daftar jadi server penuh,” ujarnya.

Ia menambahkan, kepada seluruh pelamar agar tidak terlalu terburu-buru untuk mendaftar karena proses pendaftaran ini masih dibuka hingga tanggal 10 Oktober nanti.

Sementara, syarat dan kebutuhan pendaftaran dan persyaratan CPNS yang harus disiapkan yakni Pas Foto (wajah terlihat, pakaian formal, latar belakang merah), besar arsip digital antara 120 – 200 KB dengan format JPG atau JPEG.

Berikutnya pelamar juga menyiapkan Kartu Keluarga serta Foto diri dengan memegang KTP dan Kartu Keluarga. Dokumen-dokumen lain sesuai dengan ketentuan lembaga terkait yang tertera pada persyaratan SSCN. Terakhir Kartu pendaftaran yang didapatkan setelah berhasil melakukan pendaftaran online di laman SSCN. (*)


div>