RABU , 14 NOVEMBER 2018

Hari Santri, Parepare Deklarasikan KH Ambo Dalle sebagai Pahlawan Nasional

Reporter:

Editor:

Niar

Senin , 22 Oktober 2018 18:49
Hari Santri, Parepare Deklarasikan KH Ambo Dalle sebagai Pahlawan Nasional

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Ribuan Santri, pelajar, pemuda, dan sejumlah organisasi Islam bersama Pemkot Parepare mendeklarasikan dukungan atas dijadikannya Anre Gurutta KH Abdurrahman yang dikenal dengan sapaan KH Ambo Dalle sebagai Pahlawan Nasional.

Deklarasi yang dibacakan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa DDI, Saddang Bakri ini disampaikan pada peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Senin, (22/10/2018).

“Sebagai ulama kharismatik dari tanah Bugis, AG KH Abdurrahman Ambo Dalle berperan penting dalam memperjuangkan serta mengisi kemerdekaan. Beliau berperan dalam memerangi dan membentengi Indonesia dari paham radikalisme dan paham komunisme. Oleh karena itu kami mendukung Pemerintah RI, Bapak Jokowi untuk menjadikan KH Abdurrahman sebagai Pahlawan Nasional,” seru Saddang Bakri.

Mendengar deklarasi itu dibacakan, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe yang bertindak sebagai Pembina Apel juga menyatakan dukungannya.

Bahkan kata dia, tiga tahun sebelumnya, Pemkot Parepare telah mewujudkan komitmen dalam memberikan penghargaan atas nama besar AG KH Ambo Dalle.

“Kami sudah melangkah tiga tahun lalu, kami tidak ingin nama besar dan kemuliaan Anre Gurutta’ (AG) KH Ambo Dalle hanya dijadikan nama jalan saja, kami mengubah nama Mesjid Agung menjadi Mesjid KH Ambo Dalle,” ulas Taufan Pawe.

Lanjut Taufan, dirinya sangat berharap deklarasi dukungan penganugerahan gelar kepahlawanan kepada KH Ambo Dalle dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah RI.

“Saya atas nama Walikota Parepare sangat mendukung deklarasi penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Anre Gurutta’ KH Ambo Dalle. Saya berharap Presiden RI, Bapak Jokowi mendengar ini,” ujar Taufan dengan lantang.

Selain deklarasi tersebut, Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda DDI Parepare, Nirdin juga tampil mendeklarasikan dukungan Parepare sebagai Kota Santri dan Ulama.

Peringatan Hari Santri Nasional ini dirangkaikan dengan Kirab Akbar yang diikuti ribuan santri di Kota Parepare. (*)


div>