RABU , 19 DESEMBER 2018

Hari Terakhir Menjabat KPN, Ario Damar Berhasil Amankan 1 Kg Sabu-sabu

Reporter:

hur

Editor:

Kamis , 07 April 2016 16:22
Hari Terakhir Menjabat KPN, Ario Damar Berhasil Amankan 1 Kg Sabu-sabu

Kapolres Parepare, AKBP Alan Gerrit Abast, didampingi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN), AKP Ario Damar (kanan), dan Kanit Resmob KPN, Sukri (kiri) saat merilis penangkapan narkoba jenis sabu 1 kg di ruang Press Room Polres Parepare, Kamis, (7/4).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Hari terakhir menjabat sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara, (KPN) Kota Parepare, AKP Ario Damar, berhasil memberikan kesan mengagumkan.

Pasalnya, Ario Damar yang kini mendapat jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polres Parepare, berhasil mengamankan 1 kilogram narkoba jenis sabu-sabu bernilai Rp 1.3 Miliar, Senin (4/4) pukul 12.00 wita lalu. Diduga, sabu-sabu itu berasal dari Filiphina untuk diedarkan di wilayah Ajatappareng (Barru, Pinrang, Parepare, Sidrap dan Enrekang).

Kapolres Parepare, AKBP Alan Gerrit Abast, dalam merilis penangkapan narkoba 1 kg di ruang press room Polres Parepare, Kamis (7/4) kepada sejumlah wartawan didampingi Ario Damar dan Kanit Resmob KPN, Sukri, menjelaskan kronologisnya.

“Penangkapan tiga tersangka inisial Bhr (37), Kas (20) dan Ak (23), ketika anggota KPN melakukan pengintaian saat kapal KM Lambelu dari Nunukan, Kalimantan Timur, sandar di kota Parepare sejak Senin (4/4) lalu,” ujar Alan.

Anggota KPN melakukan standar prosedur penggeledahan baik barang maupun badan, kemudian didapati salah satu penumpang berinisial Bhr (37) beralamatkan kecamatan Sawito Kabupaten Pinrang. Sementara melakukan penggeledaan ternyata didapatkan paket Narkoba jenis Sabu-sabu seberat kurang lebih 1 kg di tubuh Bhr dengan cara dililit di pinggangnya dengan diikat sejenis kain.

Alan menjelaskan, dari hasil pengembangan terhadap Bhr, diperoleh keterangan adanya perlaku lain. Berdasarkan hasil keterangan itu, maka penyidik melakukan pengejaran dan berhasil menangkap diduga pelakunya yang merupakan warga Pinrang dan Sidrap, berinisial AU (41) warga desa Lasiwala kecamatan pituriase Sidrap dan Amr (45) beralamat desa Alukkang kecamatan Mattirobulu Pinrang.

Selanjutnya kemudian melakukan lagi pengejaran di mana And (45) warga Aluppang kecamatan Mattirobulu Pinrang dan Ak (23) warga desa Awang-awang kecamatan Sawitto kabupaten Pinrang.

Selanjutnya, adanya keterangan sejumlah pelaku, maka pihak KPN melakukan pengejaran pelaku lain di Makassar yang dikomandoi Ario Damar, dan berhasil menangkap Kas (20) di rumah kostnya, yang juga merupakan warga Langnga kelurahan Sipatokkong kecamatan Wattang Sawitto kabupaten Pinrang.

Peran Kas ini sebagai sebagai aktor untuk mengatur pengiriman Narkoba jenis Sabu-sabu antar negara melalui Tarakan, Kalimantan. 6 terduga pelaku dimintai keterangannya oleh penyidik polres parepare, namun hanya ada 3 pelaku yang ditetapkan tersangka karena perannya sudah jelas.

Ketiga tersangka itu, Ak, Bhr dan Kas, yang sudah cukup bukti lalu diproses ketingkat penyidikan, sedangkan tiga orang lainnya masih pendalaman tentang keterlibatanya.


Tag
  • sabu-sabu
  •  
    div>