SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Hasil Hitung Cepat: Guterres Presiden Baru Timor Leste

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Selasa , 21 Maret 2017 18:01
Hasil Hitung Cepat:  Guterres Presiden Baru Timor Leste

int

Hasil penghitungan suara cepat menunjukkan Francisco Guterres sebagai pemenang pemilihan presiden Timor Leste. Kemenangan ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat Guterres merupakan kandidat presiden favorit di negara itu, demikian dilansir harian Straits Times, Selasa (21/3).

Mantan tentara gerilya ini sempat mengungkapkan keyakinannya bisa memenangi pilpres tahun ini.

“Saya yakin akan menang, tidak akan ada putaran kedua,” ujar Guterres, yang sempat menghadapi tujuh kandidat sebelum terpilih sebagai capres dari partainya, usai memberikan suaranya.

Guterres, atau dikenal dengan nama Lu-Olo, memenangkan 57 persen dari total suara yang masuk. Sementara itu, rivalnya yang juga Menteri Pendidikan, Antonio de Conceicao, hanya meraih suara sebanyak 33 persen.

Dibutuhkan perolehan suara sebanyak 50 persen agar salah satu kandidat memenangkan pemilu di putaran pertama. Dan Guterres telah melampaui jumlah tersebut sehingga pilpres putaran dua kemungkinan besar tidak akan dilakukan.

Ini merupakan pemilihan presiden pertama di negara itu setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menarik seluruh pasukan penjaga perdamaian.

Dengan terpilihnya Guterres, maka di masa kepemimpinannya dia harus berhadapan dengan cadangan minyak bumi yang semakin berkurang dan mencapai kesepakatan dengan Australia terhadap ladang energi. [net)


Tag
div>