SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Hasil Panen Melimpah, Pemkab Barru Lirik Investor Masuk

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Iskanto

Kamis , 25 Oktober 2018 12:39
Hasil Panen Melimpah, Pemkab Barru Lirik Investor Masuk

Para petani yang sementara memanen semangka dan melon, Kamis (25/10). Di Desa Madello Kecamatan Balusu Kabupaten Barru.

BARRU, RAKYATSULSEL.COM – Usai panen padi, kini masyarakat tani di Kabupaten Barru, kembali memanen buah Melon dan Semangka.

Bahkan hasil panen para petani tersebut sampai ke berbagai daerah di kabupaten tetangga. Bahkan merambah perdagangan antar pulau seperti ke Kalimantan.

“Kalo masuk daerah Kabuaten Barru sepanjang jalan buah semangka dan melon akan ditanam warga usai panen padi. Alhamdulillah panen semangka dan melon hasilnya melimpah,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru Ir Aminullah Arsyad saat ditemui, Kamis (25/10).

Ia mengaku, Pemkab Barru terbuka bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan hasil panen petani demi keperluan industri. Apalagi memang, hasil pertanian buah-buahan tersebut sangat meyakinkan.

“Kita welcome jika ada investor yang berminat membuka pabrikasi di Barru terkait buah semangka dan melon. Sebab produksi buah tersebut tersedia secara melimpah, dan produksinya rutin dan continue disamping harganya relatif murah,” terang Aminullah.

Aminullah yakin kedepannya akan ada inovasi dari hasil panen semangka dan melon para petani.

“Memang sekarang ini belum ada melirik pembuatan minuman kaleng dari buah tersebut. Namun kedepan nantinya pasti akan ada pembuatan kemasan minuman ringan dari buah semangka dan melon ini,” tuturnya.

“Sekarang saja contohnya pabrikasi dari minuman kemasan teh gelas sudah ada minuman rasa sirsak dan jambu,” tambah Aminullah.

Lanjut Aminullah, adapun jenis tanah dan air serta iklim mempengaruhi produksi dari buah semangka dan melon. Yang tentunya akan berdampak dari sisi rasa.

“Iklim dan cuaca juga ada pengaruhnya, contohnya jika menanam dimusim hujan dan panen musim hujan pula. Buah-buahan tersebut rasanya agak berkurang berbeda ketika musim kemarau, rasanya manis, jenis Melon kuning yang sangat manis. Pastinya semua harus memakai teknologi dan uji laboratorium, terkait kegiatan jika ada investor terkait pabrikasi seperti itu,” tutup Aminullah. (*)


div>