JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Hasil Pemeriksaan Kangker Serviks, Dua IRT Positif

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 16 Maret 2017 18:50
Hasil Pemeriksaan Kangker Serviks, Dua IRT Positif

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Pemeriksaan Kangker Serviks yang dilakukan kelompok Dharma Wanita Persatuan Luwu Timur hingga hari ini sudah menemukan dua orang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang positif mengidap kangker Serviks.

Kedua orang tersebut langsung dibuat rujukan ke RSUD Ilagaligo Wotu untuk segera ditangani sebelum menjadi kronis.  Hal ini diungkapkan koordinator kegiatan Masrah Basri Suli, Kamis (16/3).

Menurutnya, kegiatan ini untuk mendeteksi dini kaum ibu rumah tangga yang bakal mengidap kangker Serviks, penyakit ini tidak menular tapi menepati posisi kedua penyebab kematian ibu.

“Selama dua hari kita laksanakan kegiatan, baru dua orang yang positif mengidap kangker Serviks,” ujar Masrah

Selama dua hari berturut-turut melakukan pemeriksaan, hampir dua ratus kaum ibu yang diperiksa. yang pertama kali diperiksa adalah anggota Dharmawanita, kemudian persatuan Isteri Tentara, dan hari ini kalangan ibu-ibu Bhayangkari.

Kangker Serviks ini kerap menyerang mulut rahim yang bisa membuat kalangan ibu susah melahirkan, kangker ini juga jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian.

“Makanya kami bekerja sama dengan dinas Kesehatan Luwu Timur untuk melaksanakan pemeriksaan kangker Serviks,” terang Masrah.

Pelaksanaan kegiatan ini dipusatkan di Puskesmas Malili, dengan melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas Malili.

“Termasuk saya sendiri yang melakukan pemeriksaan nya,” pungkas Masrah

Pelaksanaan kegiatan ini juga dipantau langsung oleh ketua Dharmawanita Persatuan Luwu Timur Puspa Wati Husler yang tidak lain dari isteri Bupati Lutim.

Ketua Bhayangkari, Victoria Dewi, mengatakan, hari ini mengerahkan semua anggota Bhayangkari untuk menjalani pemeriksaan kangker Serviks.

“Kami mendapat undangan dari Dharmawanita Lutim, untuk mengirim anggota Bhayangkari mengikuti pemeriksaan kangker Serviks, ya ini baik buat kita makanya kita ikut,”  Kata Victoria


div>