• Kamis, 02 Oktober 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Hasil Survei IPI, Taufan-Faisal Teratas di Parepare

Rabu , 22 Mei 2013 17:36
Total Pembaca : 1396 Views

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Hasil survei elektabilitas Lembaga Survei Indeks Political Indonesia (IPI) kepada pasangan calon wali kota Parepare, menempatkan pasangan Taufan Pawe-Faisal Achmad Sapada (TP-FAS) paling teratas. IPI juga menyebut pasangan ini bakal memenangi Pilwalkot Parepare Agustus mendatang.

“Dari simulasi yang dilakukan oleh lembaga kami, Taufan-Faisal memiliki peluang yang besar untuk menjadi pemenang pemilukada,” ujar Direktur Eksekutif IPI Suwadi Idris Amir pada media, Rabu (22/5).

Idris mengungkapkan hasil survei perorangan menempatkan Taufan pada urutan teratas, dan Faisal di urutan kedua. Menurutnya, pasangan ini cukup ideal berduet, karena Taufan mewakili untur politisi berlatar advokat dan Faisal adalah seorang birokrat.

Menurut dia, pemilih dalam menentukan dan menyalurkan hak suara pilihannya di pemilukada, memperhitungkan 3 hal. Yakni faktor kefiguran tokoh pada kandidat, visi misi dan program kerakyatan yang di tawarkan kontestan, serta geopolitik.

“Salah satu pasangan yang memiliki dukungan geopolitik yang sangat kuat, karena berada dari basis Massenrempulu (Maspul),” urainya.

Optimistisme kemenangan TP FAS ini, lanjut Suwandi, disimpulkan setelah dua kali melakukan survei. Hasilnya, pasangan TP FAS terus berada di posisi teratas, bahkan dukungan publik terus menguat hingga mencapai 60 persen.

Dia mengatakan sebanyak 30 persen pemilih saat ini sudah menjatuhkan pilihannya terhadap paket ini (TP FAS), sementara suara mengambang yang akan diperebutkan oleh kontestan, juga merupakan garapan dari pasangan yang diusung Partai Golkar ini.”Sehingga IPI menilai Paket Sjamsu Alam- Andi Darmawangsa (Bersaudara) dan Taqyuddin Djabbar-Herman Zain Katoe (TQ-H1) kalah satu langkah dari rivalnya, TP FAS,” katanya.


Penulis: Ophik
Editor: Azis Kuba