SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Hati-Hati! Rupiah Masih Bisa Melemah Lagi

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 26 Maret 2018 08:40
Hati-Hati! Rupiah Masih Bisa Melemah Lagi

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM — Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang melemah membuka peluang untuk kembali terjadinya pelemahan.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, sentimen negatif dari kekhawatiran akan terjadinya perang dagang AS-Tiongkok dapat berimbas pada ekonomi Indonesia.

“Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas untuk menjaga Rupiah tidak melemah lebih dalam,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/3).

Reza menjelaskan, laju rupiah kembali melemah seiring masih minimnya sentimen dari dalam negeri. Padahal, laju USD telah mengkonfirmasikan pelemahan seiring berkurangnya minat pelaku pasar terhadap USD karena kekhawatiran terjadinya perang dagang AS-Tiongkok akan mengganggu perekonomian AS.

Di sisi lain, laju EUR pun sempat melemah seiring dengan adanya survey ekonomi yang menunjukan pertumbuhan ekonomi Zona Eropa lebih lambat dan masih melemah. Kenaikan suku bunga The Fed dikhawatirkan akan memicu potensi aliran modal yang keluar dari Indonesia.

Sementara, keputusan Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan tingkat suku bunga di 4,25 persen kian memperkecil spread sehingga dikhawatirkan akan memperbesar peluang terjadinya capital outflow.

“Meski demikian, tetap cermati dan waspada terhadap sentimen yang membuat laju Rupiah tertahan kenaikannya. Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.802 dan batas atas (resisten) 13.769,” pungkasnya.

(mys/JPC)


Tag
  • #kurs rupiah
  •  
    div>