SENIN , 18 DESEMBER 2017

Hebat, Pangkep Raih Penghargaan IIPG

Reporter:

Atho

Editor:

Lukman

Minggu , 12 November 2017 16:45
Hebat, Pangkep Raih Penghargaan IIPG

Wakil Presiden RI Periode 2009 - 2014 Boediono saat menyerahkan penghargaan Nasional kepada daerah dengan Tata Kelola Pemerintahan Baik di Graha CIMB Niaga, Jumat (10/11).

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Pangkep kembali menerima penghargaan Nasional, kali ini Piala dan Piagam penghargaan tersebut disematkan kepada Kabupaten Pangkep sebagai Kabupaten dengan Tata Kelola Pemerintahan Baik, yang di gelar oleh, Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) dalam kegiatan Anugerah Pandu Negeri (APN).

Penerimaan penghargaan berlangsung Jumat (10/11) di Graha CIMB Niaga lantai 2 Jakarta ini, dihadiri dan diserahkan langsung Wakil Presiden RI Periode 2009 – 2014 Boediono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Terdapat dua aspek yang menjadi penilaian IIPG sebelum memberi penghargaan, yakni mencakup performance (pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, breaktrough result) dan governance (tata kelola keuangan, tata keloa pemerintahan dan anti korupsi).

IIPG sendiri telah melakukan penilaian kinerja dan tata kelola pemerintahan di 34 Pemerintah Provinsi, 416 Pemerintah Kabupaten, dan 98 Pemerintah Kota di Indonesia, dan Kabupaten Pangkep menjadi salah satu yang sukses membawa pulang penghargaan tersebut.

Terkait tata kelola pemerintahan, Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid membeberkan bahwa dalam setiap agenda kegiatan, Pimpinan OPD selalu menerima penyampaian terkait amanah jabatan yang telah diembannya. Tidak hanya itu Pimpinan OPD juga harus mampu bekerja dan memberikan pelayanan baik kepada masyarakat.

“Dari dulu saya tidak mau mendengar ada masyarakat yang tidak mendapat pelayanan baik, terutama pelayanan mendasar, seperti kesehatan dan Pendidikan termasuk kepengurusan adiministrasi kependudukan,” tutur Syamsuddin.

Dia juga mengatakan, penghargaan pandu nasional (APN) ini, bukti bahwa perangkat daerah yang ada di wilayahnya, berjalan sesuai dengan mekanisme.

“Keberhasilan ini bukan keberhasilan saya peribadi, tapi keberhasilan ini adalah pemerintah dan perangkat daerah secara menyeluruh, semoga ini dapat ditingkatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo mengatakan, membangun suatu daerah pemerintah setempat wajib memiliki komitmen, upaya sinergitas, dan sejumlah Inovasi dan perubahan birokrasi yang profesional.

“Semua kepala daerah itu hebat, pasti punya kelebihan, tidak mungkin jadi kepala daerah kalau gak punya kelebihan, apalagi yang mendapat penghargaan pada malam ini,” kata Tjahjo.

Kegiatan APN tersebut juga di lakukan dialog tanya jawab, oleh Bupati dan walikota yang hadir memenuhi undangan dan di tutup dengan penyerahan Piagam dan Piala Penghargaan. (*)


div>