MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Heboh, Obama Kunjugi Pura yang Belum Pernah Didatangi Jokowi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 28 Juni 2017 14:02
Heboh, Obama Kunjugi Pura yang Belum Pernah Didatangi Jokowi

Barack Obama saat mengunjungi Pura Tirta Empuk di Bali. foto: jpg

JAKARTA – Kehadiran mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama di Pura Tirta Empul, Gianyar, Bali, Selasa (27/6), membuat geger wisatawan dan warga setempat.

Obama hadir bersama istri Michelle Obama serta dua anaknya Malia dan Sasha. Saat itu suasana pura sedang dipadati ribuan wisatawan.

Kabar bakal berkunjungnya Obama ke Pura Tirta Empul sudah santer terdengar sejak siang hari. Tak heran, sejak pukul 14.00 belasan personel keamanan hilir mudik ke objek wisata tersebut.

Tak hanya itu, beberapa prajuru Pura Tirta Empul satu per satu juga datang ke lokasi. Hingga akhirnya sekira pukul 15.00, beberapa pengayah di Pura Tirta Empul terlihat melakukan bersih-bersih, khususnya menyapu dedaunan kering yang berjatuhan di jaba sisi Pura Tirta Empul.

Kala itu beberapa wisatawan mulai mengetahui, kalau sore itu Obama bersama rombongannya akan berkunjung ke Pura Tirta Empul.

Tak ayal, beberapa wisatawan memilih untuk tetap duduk-duduk di sekitar objek wisata itu, untuk turut menunggu Obama.

Nah setelah hampir satu setengah jam berlalu, akhirnya rombongan mantan orang nomor satu di Negeri Paman Sam tersebut tiba di areal Pura Tirta Empul.

[NEXT-RASUL]

Saat itu, Obama bersama istri tampak menumpangi mobil Toyota Hitam jenis Land Cruiser dengan nopol CD 12 01A.

Kedatangan Obama bersama istri dan dua anaknya itu langsung menjadi perhatian wisatawan dan pemedek yang hendak tangkil di Pura Tirta Empul.

Mereka berebut untuk mendapatkan foto Obama yang kemarin menggunakan t-shirt putih, celana panjang jeans, dan sepatu kets. Pakaiannya pun serasi dengan yang digunakan sang istri.

Momen yang berlangsung dari areal lobi hingga jaba sisi Pura Tirta Empul, itu langsung menjadi santapan kamera ponsel para wisatawan.

Kemudian keseruan terjadi saat rombongan masuk ke areal kolam ikan di jaba tengah. Karena kondisi areal kolam tersebut dikelilingi tembok dengan tinggi sekitar 2 meter.

Posisi kolam yang lengkap berisi kantin itu berada di samping kanan, dengan tiga buah pintu gerbang. Yakni di sisi selatan berupa candi bentar yang merupakan pintu masuk dari jaba sisi.

Kemudian pintu utara yang menghadap ke utamaning mandala, serta pintu samping di sebelah barat.

[NEXT-RASUL]

Semua pintu tersebut langsung ditutup dan dijaga Paspampres dan pengawal pribadi. Setelah sekitar 15 menit berada di dalam areal kolam, yang tampak keluar hanya Michelle Obama dan dua anaknya melalui pintu utara dan selanjutnya menuju ke utamaning mandala Pura Tirta Empul, lengkap dengan menggunakan kemben.

Sebaliknya Obama masih tetap berada di dalam areal kolam ikan, yang ditunggu ratusan wisatawan di setiap gerbang areal tersebut.

Obama belum juga tampak keluar. Hingga akhirnya sekitar pukul 17.00, Obama berserta semua rombongan keluar melalui candi bentar di sisi selatan, untuk selanjutnya kembali ke lobi.

Ketika itu, beberapa wisatawan kembali mengabadikan momen tersebut, dengan sesekali memberikan ucapan salam, yang dibalas lambaian tangan oleh Obama.

Terkait dengan kunjungan salah satu trokoh dunia itu, Bendesa Pura Tirta Empul, Made Mawi Arnata yang mendampingi Michelle Obama dan dua anaknya ke utamaning mandala mengaku senang dengan kedatangan Obama, walau tokoh tersebut tidak lagi sebagai Presiden Amerika Serikat.

“Senang beliau datang ke tempat ini. Kami tentu sangat bangga,” katanya.

Kenapa Obama hanya berkunjung sampai di areal kolam ikan, tak seperti istri dan dua anaknya yang sampai ke utamaning mandala?

[NEXT-RASUL]

“Saya tak sempat ngobrol. Saya juga tidak tahu, kenapa tidak masuk jauh ke dalam (utamaning mandala). Mungkin itu karena felling beliau,” jawabnya.

Tapi diakuinya, ketika mengikuti Michelle Obama ke utamaning mandala, dirinya memang tidak bisa terlalu dekat. Karena itu hanya sedikit dirinya bisa berbicara langsung dengan Michelle Obama.

“Saya megikuti ibunya (Michelle Obama) ke dalam (utamaning mandala). Saya sempat jabat tangan, dan saya bilang, thank you atas kunjungannya. Terimakasih, semoga Tuhan selalu memberikan keselamatan dalam perjalanan pulang,” terangnya.

Namun yang pasti, sepanjang pengetahuannya, baru Barack Obama yang menjadi tokoh dunia yang pernah berkunjung ke Pura Tirta Empul.

“Kalau Presiden Indonesia sudah sering, apalagi Pak SBY. Kalau Pak Jokowi belum,” pungkasnya. (jpg)


div>