SENIN , 10 DESEMBER 2018

Hindari 4 ‘Badai’ Rumah Tangga yang Sering Dialami Pasutri

Reporter:

Editor:

Iskanto

Minggu , 26 Agustus 2018 10:44
Hindari 4 ‘Badai’ Rumah Tangga yang Sering Dialami Pasutri

int

RAKYATSULSEL.COM — Dalam pernikahan tak jarang ditemukan masalah yang menguji ikatan suami istri. Itulah sebabnya komunikasi dan keintiman harus tetap dipertahankan dengan baik. Bahkan, dalam penelitiannya, Pakar Hubungan Dr. John Gottman menemukan 69 persen dari masalah dalam pernikahan berpotensi menjadi persoalan jangka panjang yang tak terselesaikan.

Sehingga, penting bagi pasangan untuk mengantisipasi masalah umum yang sering terjadi dalam pernikahan. Sebab, masalah rumah tangga bisa diatasi pjika saling memahami.

“Anda perlu belajar memahami pasangan dan masalah dalam hubungan itu (pernikahan). Tidak ada yang hitam dan putih seperti yang terlihat,” katanya seperti dilansir dari YourTango, Jumat (24/8).

persoalan rumah tangga, tips hadapi rumah tangga,
Salah satu masalah krusial dalam rumah tangga adalah keuangan. (Istimewa)

 

Agar bisa lebih menjaga keharmonisan, ada empat masalah umum yang perlu dihindari dalam rumah tangga. Sebab jika mengganggap sepele, persoalan antara suami istri bisa menjadi ‘badai’ rumah tangga hingga berujung pada perceraian.

Seks atau Hubungan Intim

Masalah hubungan ranjang memang tidak akan selalu panas. Pada awalnya, seseorang bisa tidak sabar untuk melompat ke dalam selimut bersama pasangan. Tentu di tahap awal pernikahan, hal itu seperti petualangan baru. Tapi setelah lama bersama, semuanya berubah. Percikan keintiman emosional dan fisik bisa menjadi prioritas ke sekian.

Ikut Campur Keluarga

Menikah adalah menyatukan dua keluarga besar. Maka bersahabat dengan mertua adalah sebuah keharusan. Terkadang ketika sudah menikah, intervensi dari keluarga akan sangat kuat. Terkadang mungkin pasangan mengutamakan keluarganya. Atau, banyak juga keributan yang terjadi antara mertua dan menantu. Cobalah berada di posisi bijaksana, di tengah dan tak memihak.

Impian Belum Terwujud karena Beda Prinsip

Perdebatan dalam rumah tangga bisa terjadi karena beda pendapat. Tentu masing-masing pihak harus berpikir secara realistis, tak semua bisa bertemu sejalan. Di sinilah Anda perlu belajar menenangkan diri.

Masalah Uang

Uang memang bukan segalanya. Tetapi faktor ekonomi bahkan bisa memicu perceraian. Masalah uang sangat sensitif dan menyinggung peran pria sebagai pemimpin. Terkadang istri begitu menuntut sedangkan suami merasa sudah bekerja keras. Penghasilan mungkin tidak stabil. Dan masalah uang bisa membuat amarah timbul dalam rumah tangga.(#)


div>