RABU , 22 AGUSTUS 2018

Hipmi PT Sebarkan ‘Virus’ Pengusaha ke Daerah

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 22 April 2016 15:58

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang, membuka Jambore Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Perguruan Tinggi (PT) se-Sulsel yang diselenggarakan di Markas Yonif 700/Raider, Jumat (22/4).

Ketua Hipmi Sulsel, Amirullah Abbas mengatakan, jambore ini bertujuan untuk memgumpulkan pengusaha muda di daerah yang tergabung dalam perguruan tinggi. “Setelah jambore ini, peserta akan menyampaikan aspirasi Hipmi ke daerah bahwa menjadi pengusaha lebih bagus dari PNS. Karena kuota PNS sudah tidak cukup. Inilah mentor-mentor kita yang akan menyebarkan virus pengusaha ke daerah ,” katanya.

Selain itu, jambore ini bertujuan untuk melatih mental dan disiplin pengusaha muda. “Mereka kan audha jadi pengusaha, walaupun masih dalam lingkup kampus. Artinya, mereka masih mencoba, tetapi ini susah menjadi andalan buat kita. Sekarang dilatih mentalnya untuk bangun cepat, tidak cengeng, secara setengah militer,” ucap Amirullah.

Ia juga menginginkan untuk menggabungkan kekuatan setiap daerah terkait potensi ekonomi agar bisa besinergi. “Misalnya, Hipmi PT Makassar dan Sidrap. Sidrap kan penghasil telur, mereka bisa kirim ke sini, jadi ada sinergitas. Ini tujuan jambore sebenarnya,” ungkapnya.

Setelah jambore daerah, Hipmi PT se-Sulsel akan mengikuti jambore nasional di Bandung pada 20 Mei mendatang yang diikuti oleh 4.000 peserta. “Dari Sulsel, kami kirim 200 orang. Saat ini, jumlah kader Hipmi PT Sulsel berjumlah 3.500 orang, jadi setiap kabupaten sudah ada. Sementara, sekarang yang ikut di sini 600 orang,” sebutnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sulsek, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis dalam membangun dan mengembangkan potensi daerah dengan menghadirkan pemuda yang kreatif dan berdaya saing.

“Sekaligus diharapkan dapat menjadi momentum dalam menghadirkan enterpreneur atau pelaku usaha yang tangguh sebagai ujung tombak dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulsel,” ujarnya.

Disebutkannya, salah satu program prioritas Pemprov Sulsel adalah pengembangan kewirausahaan berbasis pedesaan/kelurahan serta peningkatan kualitas koperasi dan UMKM yang bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam melakoni perilaku pasar MEA.

“Untuk itu Pemprov mengharapkan dukungan penuh dari semua elemen termasuk HIPMI dan seluruh jajarannya untuk tetap konsisten dan komitmen dalam pemberdayaan koperasi dan UKM,” tuturnya.


Tag
  • HIPMI
  •  
    div>