SABTU , 18 AGUSTUS 2018

HMJ Kimia UINAM Bakal Menggelar ALKALI CONTEST 2018

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 11 Februari 2018 12:26
HMJ Kimia UINAM Bakal Menggelar ALKALI CONTEST 2018

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar (HMJ Kimia UINAM) kembali akan menggelar kegiatan ‘ALKALI CONTEST 2018’.

Tahun ini, kontes yang sukses digelar 2017 lalu itu akan memperebutkan Piala Rektor UINAM dengan mengusung tema “Menciptakan SDM Yang Kreatif, Inovatif dan Unggul Dalam Memanfaatkan SDA di Indonesia”.

ALKALI CONTEST 2018 merupakan Ajang Lomba Kreatifitas Ilmiah bagi Siswa dan Siswi SMA Sederajat se- Sulselbar yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Jurusan Kimia UINAM melalui Lembaga kemahasiswaannya, HMJ Kimia UINAM, diharapkan mampu mengumpulkan para generasi muda potensial Indonesia khusunya wilayah Sulselbar dalam berkompetisi mengembangkan skill dan kreativitas demi terciptanya SDM yang unggul.

Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Rahman Idris mengatakan kegiatan yang ditargetkan berlangsung awal bulan Mei yang bertempat di LT Fakultas Sains dan Teknologi, serta Auditorium kampus II Samata Gowa, akan mempertandingkan beberapa jenis perlombaan yakni, Lomba Cepat Tepat Kimia (LCTK), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Mading Ilmiah.

Berbeda dengan tahun lalu, ALKALI CONTEST tahun ini memperlombakan tiga macam jenis perlombaan dan salah satu diantaranya merupakan jenis perlombaan yang belum pernah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya yaitu LKTI.

“Kami selaku penyelenggara menambahkan perlombaan LKTI dengan harapan dapat menanamkan serta menumbuhkan jiwa riset Siswa dan Siswi SMA Sederajat sejak masih duduk dibangku SMA dalam menalar serta menganalisa fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar,” kata Abd Rahman.

“Selain bidang akademik, kami juga ingin agar ilmu yang didapatkan oleh para Siswa dan Siswi SMA Sederajat mampu diaplikasikan di lingkungan masyarakat,” sambungnya.

Sebagai bentuk penghargaan bagi peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ALKALI CONTEST 2018, HMJ Kimia UINAM mengadakan pula Seminar Nasional dan Open Laboratorium bagi Siswa dan Siswi SMA Sederajat untuk menambah ilmu serta wawasan.

Ketua HMJ Kimia Muhammad Rajib Ramadhan mengatakan, para Siswa dan Siswi SMA Sederajat juga akan mendapatkan piagam, medali, piala dan uang pembinaan bagi pemenang perlombaan.

“Sehingga harapan kami dari pihak penyelengara yaitu dengan adanya event ini kita dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik sehingga Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah di Indonesia dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ujarnya. (*)


div>