SENIN , 22 OKTOBER 2018

Hoax, Beredar Daftar 52 Jemaah Haji Indonesia Jadi Korban

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Kamis , 24 September 2015 19:59

RAKYATSULSEL.COM – Di tengah duka dan rasa waswas keluarga jemaah haji asal Indonesia, ada saja pihak yang tidak bertanggug jawab menyebarkan informasi hoax dan sesat.

Sempat beredar daftar 52 jemaah haji yang disebutkan menjadi korban dalam tragedi Mina yang yang terjadi Kamis pagi waktu Arab Saudi (24/5). Di dalam daftar itu disebutkan nama, usia dan kloter jemaah yang bersangkutan.

Disebutkan bahwa daftar korban itu berasal dari sebuah media massa. Setelah ditelusuri diketahui bahwa nama media massa itu dicatut oleh orang iseng tak bertanggung jawab.

Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam keterangannya mengatakan bahwa sebagian besar dari korban adalah jemaah haji asal Mesir dan negara Afrika lainnya.

Kecelakaan terjadi karena ada sekelompok jemaah yang tiba-tiba berhenti di jalan 204. Ini mengakibatkan jemaah pun berdesak-desakan.

Juga disebutkan bahwa jalur tersebut tidak digunakan oleh jemaah Indonesia.

“Konjen RI Jeddah dan KUAI Riyadh ada dilokasi dan akan bantu cek ke rumah sakit Minah utk mengetahui ada tidaknya korban WNI,” demikian keterangan dari Kemlu RI.


div>