SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Honorer K2 Sabar Ya, Tinggal Tunggu Diteken Bupati

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 04 Mei 2017 21:43
Honorer K2 Sabar Ya, Tinggal Tunggu Diteken Bupati

int

Namun, hingga empat bulan belakangan, janji itu belum terealisasi. Sebelumnya, Pemkab Brebes bersama DPRD setempat sudah menjanjikan honor peningkatan kesejahteraan itu akan dicairkan di bulan April 2017.

Koordinator forum guru K2 Brebes, Mashudi mempertanyakan realisasi dari kesepakatan yang telah ditetapkan bersama K2 dengan Pemkab saat audiensi di penghujung 2016 lalu. “Sampai sekarang belum cair, saya tanya ke atas juga pada nggantung semua,” katanya, seperti diberitakan Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Brebes Imam Royani mengaku sudah ditagih realisasi penambahanhonorer K2 sesuai UMK yang belum cair.

Secara lembaga, pihaknya sudah menyetujui anggaran untuk pembayaran honorarium bagi K2 itu dalam APBD 2017 sekitar Rp12 miliar.

Dari hasil penelusurannya, saat ini proses pencairan anggaran bagi honor K2 itu tinggal menunggu tandatangan bupati saja.

“Saya tanya ke Kabid PPTK (Dikpora, red) data lagi divalidasi di UPTD, kemudian dari bagian hukum sudah mengajukan suratnya (SK) ke bupati. Sekarang posisinya sudah di meja bupati dan tinggal diteken saja agar bisa cair. Jadi keterlembatan itu ada di Pemda,” kata Imam Royani.

Sesuai keputusan bersama, April 2017 memang sudah bisa dicairkan. Honor bagi pegawai Kategori 2 (K2) di Kabupaten Brebes dijanjikan akan disesuaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar Rp1,3 juta per bulan.

[NEXT-RASUL]

 

Diantara kesepakatan itu seluruh K2 nanti honornya akan disesuaikan dengan UMK. Jika dari sekolah bulanan mendapat Rp500 ribu, maka dari APBD ada intervensi tambahan sebesar Rp800 ribu sehingga bisa sesuai UMK.

Namun data sebelumnya, jumlah K2 seluruh instansi ada sekitar 1.638 sehingga dibutuhkan Rp45 miliar.

Jika menghitung ketersediaan anggaran yang ada ada, sekitar 212 orang yang belum terkover. Sehingga disubsidi silang dari anggaran di Pendidikan dan Kesehatan untuk K2 yang di SKPD lain. (ism/har/zul)


div>