SENIN , 11 DESEMBER 2017

Hore…Gaji 2.390 Guru Honorer Segera Cair

Reporter:

Armansyah

Editor:

Lukman

Kamis , 07 Desember 2017 09:00
Hore…Gaji 2.390 Guru Honorer Segera Cair

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Makassar, Erwin Haiya mengaku siap mencairkan anggaran untuk pembayaran honor 2.390 guru honorer tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Makassar.

Untuk pencairan anggaran pihaknya menunggu hasil verifikasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebelum dikeluarkan SK Wali Kota. “Sudah ada dokumen permintaannya, tinggal proses verifikasi dulu di BKD, nanti setelah terbit SK baru kita cairkan,” ucap Erwin, Rabu (6/12).

Sementara itu, Sekretaris BKPSDM Kota Makassar, Basri Rahman mengaku saat ini masih melakukan verifikasi validasi administrasi untuk guru honorer yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan. “Kita sementara melakukan verifikasi faktual, karena kita juga perlu melihat sejauh mana keaktifan guru honorer ini,” ujar Basri.

Ia juga mengaku sementara merampungkan verifikasi dikarenakan pembayaran gaji guru honorer harus terealisasi bulan ini. “Dalam waktu dekat kita selesaikan semua, pembayaran harus bulan ini, tapi kita tidak lakukan itu kalau belum keluar SK Wali kota,” lanjutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar, mengatakan sudah mengusulkan sekitar 2.390 guru honorer untuk tahapan verifikasi di BKD. “Mudah-mudahan pertengahan Desember sudah cair,” singkatnya.

Setelah tahap verifikasi, dikeluarkan SK Wali kota yang menetapkan guru honorer daerah. Ini juga merupakan salah satu syarat agar guru honorer dengan masa bakti diatas empat tahun bisa memperoleh sertifikasi dari kementerian.

Dia menyebutkan, gaji guru honorer yang nantinya dibayarkan adalah 1.876 guru honorer yang gajinya belum dibayarkan sejak Oktober lalu. Sementara, 514 guru honorer dibayarkan untuk Desember.

“Anggaran kita sekitar Rp20 miliar lebih, karena ada sekitar 2.000 guru honorer yang akan kita gaji Desember ini,” ungkap Ismunandar. (*)


div>