SENIN , 22 OKTOBER 2018

Hotel Swiss-Belhotel Terancam Sanksi

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Selasa , 24 April 2018 10:00
Hotel Swiss-Belhotel Terancam Sanksi

Ilustrasi Kantor Balaikota Makassar. foto: net

* Jika Terbukti Buang Limbah Sembarangan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Aziz Hasan menegaskan bakal memberikan sanksi tegas terhadap Hotel Swiss-Belhotel. Sanksi akan diberikan jika hotel berlokasi di Jl Pasar Ikan Makassar ini terbukti membuang limbah di wilayah Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar.

“Kita masih telusuri, belum ada hasil dari tim tapi kalau terbukti tentu kita akan beri sanksi tegas,” ucap Aziz Hasan.

Ia mengatakan, pihaknya tidak ingin mengambil kesimpulan terlalu cepat. Pasalnya, pihaknya ingin melakukan investigasi untuk mencari tahu kebenarannya karena ini merupakan praduga tak bersalah.

“Kita belum tahu, tadi ada laporan masuk dan kita tindak lanjuti, kita proses nanti jika terbukti, karena ada protapnya. Kita ingin lihat limbah apa yang mereka buang, apakah berbahaya atau limbah apa, kemudian yang ditempat yang dibuang dan untuk apa,” lanjutnya.

Sementara itu, Kordinator Bagian Limbah Hotel Swiss-Belhotel, Herson mengatakan, pihaknya tidak mengetahui mengapa limbahHotel Swiss-Belhotel dibuang diantara semak-semak yang berada di Jl Perintis Kemerdekaan Makassar tersebut.

Selama ini, katanya, pengelolaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Hotel Swiss Bel Makassar dikerjakan oleh pihak ketiga (Vendor) yang pihaknya sendiri tidak mengetahui siapa yang menjadi vendor dari Hotel milik Jen Tang tersebut.

“Ada vendor yang mengambil dari kita lalu dibuang ke TPA, cuma gak tau kenapa tiba-tiba disana, tapi kita tidak tahu menahu soal itu,” ucap Herson.

Disinggung soal izin IPAL, Herson mengatakan bahwa Hotel Swiss Bel tidak memiliki izin IPAL, kendati demikian pihaknya masih sementara proses pembuatan. “Sementara pengurusan (Izin IPAL),” singkat Herson. (*)


div>