JUMAT , 19 OKTOBER 2018

HP Sitaan Dipertanyakan, Begini Penjelasan Kapolres Parepare

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 14 September 2017 11:36
HP Sitaan Dipertanyakan, Begini Penjelasan Kapolres Parepare

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Kepala Kepolisian Resort Parepare AKBP Pria Budi menjelaskan perihal keluahan Pedagang HP yang mempertanyakan tentang razia konter HP yang digelar Unit Tipiter Polres Parepare beberapa hari lalu.

Razia barang dagangan berupa HP di sejumlah konter, kata Pria Budi, dimaksudkan untuk melindungi konsumen dari kerugian yang dilakukan para oknum Pedagang HP yang tidak bertanggung jawab.

“Razia itu untuk mengantisipasi segala bentuk kecurangan. Kita menegakkan UU Telekomunikasi dan UU Perlindungan Konsumen, kan yang rugi konsumen kalau beli HP tidak bergaransi, tidak resmi,” papar pria asal Riau ini.

Mengenai kejelasan pengembalian HP, Kapolres Parepare kepada Jurnalis Rakyat Sulsel, mengemukakan secara gamblang, jika saat ini Hp sitaan masih dalam proses penyidikan untuk memastikan barang tersebut tidak memiliki unsur pidana.

“Pada tahap penyidikan, kita libatkan saksi ahli, bukan dari kalangan Polisi, tapi kita datangkan dari luar yang ahli di bidang Informasi dan Telekomunikasi (IT), sehingga kita dapat memastikan apakah HP ini kalau dibeli tidak merugikan konsumen,” ujarnya.

Jika kata Pria Budi, produk yang diperjualbelikan bebas dari unsur pidana, maka HP sitaan tersebut akan dikembalikan kepada pemilik. “Kita akan kembalikan semua kalau tidak terbukti, Polisi tidak mau ambil HPnya kok, hanya kita jadikan sebagai bahan penyidikan. Namun jika memenuhi unsur Pidana, maka dipastikan Pedagang HP akan diminta pertanggungjawaban, pasti ada ancaman pidana sesuai dengan UU IT dan UU Perlindungan Konsumen,” tegas Pria Budi.

(Rahmaniar)


div>