SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Husler Hadiri Temu Karya Nasional di Bali

Reporter:

Ibrahim

Editor:

Iskanto

Jumat , 19 Oktober 2018 20:15
Husler Hadiri Temu Karya Nasional di Bali

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi istri, Hj. Puspawati, menghadiri Temu Karya Nasional gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jumat (19/10/2018).

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi istri, Hj. Puspawati, menghadiri Temu Karya Nasional gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Jumat (19/10/2018).

Temu Karya Nasional ini resmi dibuka Presiden RI, Joko Widodo, didampingi ibu Iriana. Turut hadir pula Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjojo dan Gubernur Bali, Wayan Koster.

Dalam sambutannya, Presiden RI, Joko Widodo, meminta agar pembangunan infrastruktur itu harus terkoneksi dari pusat hingga kedaerah. Menurutnya, Pemerintah Pusat akan membangun infrastruktur yang berskala besar namun harus didukung oleh Pemerintah Daerah.

“Pembangunan tol yang dilakukan harus didukung dengan memperbaiki jalan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga jalan Desa. Ini yang namanya terkoneksi,” katanya.

Presiden Jokowi juga meminta agar Pemerintah Daerah sudah mulai mengadaptasi berbagai teknologi untuk meningkatkan layanan. Menurutnya, sudah cukup banyak aplikasi yang tersedia yang bisa dimanfaatkan.

“Pemerintah harus mulai mengadaptasi teknologi. Kalau tidak, kita akan kesulitan untuk bersaing dengan negara lain. Ini harus bisa di antisipasi,” katanya.

Kedepan, kata Jokowi, Pemerintah Pusat juga akan menyiapkan anggaran untuk kelurahan.

Keikutsertaan Luwu Timur di ajang Temu Karya Nasional ini karena merupakan utusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu juara tingkat Provinsi pada ajang lomba TTG.

Warga Luwu Timur, Sarno, meraih juara II TTG dengan menciptakan Alat Pemanjat Anti Merosot, dan keberhasilan kelompok Tompeasa meraih juara harapan II TTG karena mereka berhasil membangun mesin pencacah dan pencampur bahan kompos. (*)


div>