JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Husler Pertanyakan PT Vale dalam Pembenahan DAM Larona

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 27 Desember 2016 18:43
Husler Pertanyakan PT Vale dalam Pembenahan DAM Larona

Pertemuan ini berlangsung di kantor Bupati Luwu Timur (Lutim), Selasa (27/12)

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler, bersama Manajemen PT Vale melakukan pertemuan membahas kondisi terakhir DAM Larona. DAM milik PT Vale ini harus cepat di tangani karena tidak tahan gempa. Pertemuan ini berlangsung di kantor Bupati Luwu Timur (Lutim), Selasa (27/12)

Pertemuan tersebut, dihadiri Wakil Bupati Lutim Irwan Bachri Syam, yang didampingi oleh Kepala Balai Bendungan dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat Ahmad Subaedi, serta melibatkan sejumlah kepala desa, tokoh masyarakat dan isntansi terkait.

Dalam pertemuan tersebut Husler meminta kesiapan PT Vale dalam membenahi DAM Larona.  Setidaknya, Pemerintah Lutim ingin tahu seperti apa langkah yang akan dilakukan Vale untuk meningkatkan kualitas DAM Larona.
“Kami harus tahu seperti apa rencana tindak darurat bendungan Larona tersebut, karena jika ini sampai jebol sudah dipastikan penduduk yang tinggal di daerah hilir akan terancam jiwa dan harta benda mereka,” ungkap Husler

Wapir, selaku Projec Manejer DAM Larona, mengatakan, Pihaknya tetap selalu memantau volume air di DAM Larona dari waktu ke waktu. Rencananya, kata dia, tahun 2017 Bendungan DAM Larona akan ditingkatkan, lebar bendungan akan ditambah sehingga DAM akan kuat menahan tekanan air.

Lebih jauh dijelaskannya, pengelolaan bendungan senantiasa memantau bendungan agar dapat dapat diketahui sedini mungkin problem yang sedang berkembang sebelum menjadi ancaman yang nyata, sehingga dapat diambil langkah yang cepat dan tepat.

“Untuk mengantisipasi kondisi terburuknya, dalam hal tanggap daruratnya, kami meminta juga bantuan semua pihak agar bisa bekerja sama dalam hal menangani bencana sehingga resiko korban bisa diantisipasi dengan cepat,” tandas Wapir

Sebelumnya, Kapolres Lutim AKBP Parajohan Simanjuntak, juga sudah meninjau  kondisi DAM Larona. Dimana bendungan yang menjadi benteng air tersebut sangat kecil, harus diperlebar.

Selain itu, juga tim ahli gempa dan Ahli dan sudah mengeluarkan rekomendasi agar daya tahan DAM Larona ditingkatkan karena dianggap tidak tahan gempa, sementara Lutim salah satu daerah gempa di Indonesia. ( Baim )


div>