JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

HUT Satpol PP, Damkar, dan Linmas Diperingati Bersamaan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 06 Maret 2017 11:55
HUT Satpol PP, Damkar, dan Linmas Diperingati Bersamaan

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap, H Ruslan, memimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Senin (6/3). foto: hamsah/rakyatsulsel.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) diperingatai secara bersamaan di lapangan Upacara Kompleks SKPD Kabupaten Sidrap. Peringatan 3 HUT secara bersamaan itu dilaksanakan dalam upacara bendera, Senin (6/3).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap, H Ruslan bertindak selaku Inspektur upacara dalam acara tersebut. Saat membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ruslan menyampaikan agar di ulang tahun Satpol PP, Damkar dan Linmas ini, bisa lebih profesional dan solid dalam mengembang tugas-tugas serta memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat.

Peran Satpol PP, Damkar, dan Linmas selama ini kata Ruslan memegang peran strategis terutama dalam masalah ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

“Kehadiran aparat baik Satpol PP, Damkar maupun Linmas diharapkan bisa menjadi teladan bagi seluruh aparatur sipil negara, terutama dalam penegakan peraturan dan pelaksanaan disiplin,” ujarnya.

Untuk Damkar, Ruslan juga berharap agar kehadirannya tidak sebatas pada aksi pemadam kebakaran dan penyelamatan jiwa, melainkan juga bisa membawa pengaruh positif dalam sendi kehidupan bermasyarakat. Artinya kata dia, pola sikap dan perilaku serta kualitas sumber daya manusia harus benar-benar diperhatian, terutama dalam menjalankan tugas dan kewajiban serta kewenangan masing-masing.

Disebutkan, dalam menjalankan tugas, bukan tidak mungkin akan berhadapan dengan gesekan dengan masyarakat, terutama Satpol PP, sehingga diperlukan kompetensi khusus dalam menghadapi berbagai situasi.
“Harus memiliki sikap yang humanis, berdedikasi, disiplin, dan tegas,” katanya.

Dalam menjalankan tugas, Satpol PP, Linmas, dan Damkar harus bisa mengedepankan sisi preemtif dan preventif dalam bertindak melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan dan mengedepankan model penyelesaian di hulu dari pada di hilir. “Jika ini bisa diwujudkan maka peluang terjadinya benturan bisa dihindari,” jelasnya. (***)


div>