RABU , 14 NOVEMBER 2018

HUT TNI ke 73, TNI Gelar Tarian Gemu Famire

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 04 September 2018 21:11
HUT TNI ke 73, TNI Gelar Tarian Gemu Famire

int

MAMUJU, RAKSUL.COM- TNI, Polri, Pemda Mamuju, Pemprov Sulbar, FKPPI, Persit, Jalasenatri dan Bhayangkata jadi satu di anjungan pantai Manakarra Mamuju, melaksanakan
“Tari Gemu Famire” Tarian ini dilaksanakan secara serentak se-Indonesia dalam rangka menyambut HUT TNI yg ke -73 Selasa (04/09).

Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Danrem 142/Tatag. Sebagai warga Negara Indonesia, merupakan kewajiban bagi kita untuk menjaga dan memelihara kearifan lokal budaya. Kita harus bangga dan cinta terhadap karya asli bangsa Indonesia. Oleh karena itu diadakan event besar dan penuh makna ini dalam rangka mendukung dan menghargai karya seni anak Negeri sehingga tetap bergelora di tanah air sendiri.

Lagu gemu famire diciptakan ole Nyong Franco berasal dari Maumere, Sikka Nusa Tenggara Timur yang sering didendangkan diberbagai acara, mulai dari pelosok Desa hingga kota di Indonesia.
Lagu dan tari gemu Famire merupakan representasi dari kesederhanaan dan kebersamaan bangsa Indonesia karena dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Disisi lain, dapat dijadikan wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan latar belakang tersebut, maka Mabes TNI memilih lagu dari tari gemu famire untuk ditampilkan dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 TNI tahun 2018, yang dilaksanakan secara serentak pada hari ini tanggal 4 September 2018 diseluruh Indonesia, serta diharapkan dapat memecahkan rekor muri.

Saya selaku Komandan Korem 142/Tatag mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam memeriahkan acara Tari Gemu Famire, kegiatan ini selain untuk menyambut HUT TNI yg ke-73 juga meningkatkan persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari, mari tunjukan semangat, kekompakan bahwa kita akan mampu memecahkan Rekor muri dengan melalui tari Famire. Tutur Danrem 142/ Tatag.

Target di jajaran Korem 142 /Tatag 4000 orang namun kali ini melebihi target yakni mencapai 9.532 orang melaksanakan tari gemu Famire secara serentak diwilayah masing – masing.

Nampak Hadir, Wakil Gubernur Sulbar Hj.Enny Anggraeni Anwar. Kapolda Sulbar Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar, M.Si dan Ny, Kasrem 142/Tatag dan Ny, Kapolres Mamuju AKBP Muhammad Rivai Arfan, S.IK.MH, Dandim 1418 Mamuju Letkol Inf. Jamet Nijo,S.Sos dan Ny. (Penrem 142 Tatag)


div>