SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Reporter:

Supahrin

Editor:

Lukman

Minggu , 18 Maret 2018 12:00
I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

Bupati Takalar Syamsari Kittta saat menghadiri Seminar Nasional, di hotel Max One, jalan Taman Makam Pahlawan Makassar, Sabtu, (17/3).

TAKALAR, RAKYATSULSEL.COM – I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong diusulkan menjadi Pahlawan Nasional di Kabupaten Takalar.

Melalui pengusulan penganugrahan ini, Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Sosial dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Seminar Nasional, di hotel Max One, jalan Taman Makam Pahlawan Makassar, Sabtu, (17/3).

Bupati Takalar Syamsari Kitta, mengatakan seminar Nasional pengusulan Pahlawan Nasional I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong merupakan wujud sebagai penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan. Melalui seminar ini juga dapat mengaktualisasikan nilai-nilai perjuangan dan patriotisme.

“Pengusulan I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong untuk menjadi pahlawan nasional bukanlah hal yang sangat berlebihan, bukan juga untuk mencari kebanggaan serta popularitas, akan tetapi demi menempatkan sesuatu pada tempatnya yakni I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai pahlawan nasional berdasar pada catatan sejarah dan bukti-bukti otentik yang bisa dipertanggung jawabkan nantinya,” kata Syamsari.

Bupati Takalar berharap agar pelaksanaan seminar ini dapat merumuskan suatu kesepakatan bersama yang nantinya mengkonkritkan sosok I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong layak diusulkan dalam pemberian gelar sebagai Pahlawan Nasional.

Permaisuri Gusti Raden Ayu Adipati Paku Alam IX Al Haj, Kerajaan Yogyakarta Ir. Setianingsih Anglingkusumo, S. Pd, M. Eng dalam sambutannya mengatakan I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong tercatat dalam sejarah kerajaan Yogyakarta sebagai sosok pemimpin yang dicintai oleh rakyat di Jawa terutama di kerajaan Yogyakarta.

“Beliau merupakan sosok pemimpin yang membantu Raja Trunojoyo dalam menaklukkan VOC dan membantu memperluas daerah kekuasaan raja sampai ke bumi mataram,” ujar Setianingsih.

Ketua Umum Masyarakat Adat Nusantara (MATRA), Rheindra J. Wiroyudho Alam Syah, ST dalam memberikan rekomendasi dan dukungan mengatakan MATRA sangat peduli akan tegaknya nilai-nilai adat, budaya dan kearifan lokal.

Apalagi dengan adanya seminar nasional pengusulan pahlawan nasional I Mannidori I Kare Tojeng Karaeng Galesong sebagai sosok pahlawan yang sangat layak dalam mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional.

“Dimana sosok beliau memang menegakkan sikap siri terhadap keluarga dan pasukannya demi melawan VOC di wilayah Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya. (*)


div>