RABU , 14 NOVEMBER 2018

Ibarat Tes CPNS, 35 ASN Calon PPK Ikut Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Berbasis CAT

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Jumat , 09 November 2018 11:33
Ibarat Tes CPNS, 35 ASN Calon PPK Ikut Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Berbasis CAT

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Pemkot Parepare melalui Badan Kepegawaian, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare melaksanakan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Lungkup Pemkot Parepare, di Hotel Bukit Kenari, Kamis, (8/10/2018), kemarin.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Kepangkatan, Andi Mulya mengatakan, melalui kegiatan ini para peserta bisa mengetahui teknis pengadaan barang dan jasa seperti yang tercantum pada Peraturan Presiden (Perpres) no 16 tahun 2018.

“Tentunya kami berharap mereka bisa mengetahui persoalan teknis pengadaan barang dan jasa dengan aman, tidak berimplikasi hukum, atau masalah lainnya,” ujar Mulya yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan itu.

Kegiatan ini tambah dia, diikuti sebanyak 35 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Parepare, yang dimulai pada Senin (5/11) lalu, hingga Jumat (9/11/2018), hari ini.

“Kemarin tahap Try Out untuk mengasah kemampuan mereka selama beberapa hari menerima materi. Mereka ujian di SMKN 3 Parepare. Sementara ujian dilaksanakan selama dua jam dalam dua sesi, hari ini,” paparnya.

Ujian pengadaan barang dan jasa sendiri akan dilakukan dengan berbasis Computer Assessment Test (CAT).

“Peserta yang lulus pada ujian ini akan dapat melihat langsung hasil ujiannya. Untuk ambang batas kelulusan sebesar 167 point dari 90 soal. Bagi peserta yang berhasil dinyatakan lulus, berhak mendapatkan sertifikat pengadaan barang dan jasa pemerintah dari LKPP,” jelasnya.

Dengan sertifikat itu, para ASN tersebut bisa ditunjuk sebagai PPK di OPD masing-masing. (MP1)


div>