SENIN , 11 DESEMBER 2017

Identitas Ganda Jadi Temuan KPU Barru Saat Verifikasi Parpol

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Muh Sophian AS

Jumat , 10 November 2017 23:22
Identitas Ganda Jadi Temuan KPU Barru Saat Verifikasi Parpol

Ketua Devisi Hukum KPU Barru, Lilis Suryani SH MH

BARRU,RAKYATSULSEL.COM – Rekap dan mekanisme proses verifikasi admin parpol di KPU Barru masih terus berlansung,. KPU mengkategorikan proses verifikasi menjadi tiga, yakni memenuhi syarat (MS),tidak memenuhi syarat (TMS) dan belum memenuhi syarat (BMS).

“Proses verifikasi admin dengan melakukan penelitian dilaksanakan setelah proses penerimaan syarat dokumen berakhir kemudian dilanjutkan dengan penelitian dengan cara mencocokkan jumlah KTP dan KTA sesuai sipol dan data e-KTP serta manual,” jelas ‎Ketua Devisi Hukum KPU Barru, Lilis Suryani, Jum’at (10/11) di kantor KPU Barru.

Dalam proses verifikasi parpol yang sejauh ini dilakukan, Lilis mengemukakan masih adanya identitas ganda dalam proses verifikasi, sehingga diteliti ulang tiap parpol. “‎Kegandaan tiap parpol kembali diteliti berdasarkan hasil sipol dari KPU RI tentang kegandaan partai baik nama maupun NIK ditindak lanjuti dengan identifikasi atau verifikasi faktual,” ungkap Lilis.

“Banyak hal yang kita review kembali terkait kegandaan,sebab bagian dari rangkaian dari proses penelitian administrasi terdapat nama yang ganda,” tambah Lilis.

Selain itu, sambung Lilis, hal lain yang bakal di faktualkan juga adalah data para ASN,TNI POLRI dan nama yang belum cukup usia 17 tahun. “Selain kegandaan external tersebut juga ditemukan pada internal parpol yaitu 2 nama yang sama dalam satu partai,”terang Lilis.

Hasil pengecekan terhadap proses verifikasi parpol yang mencakup seluruh item tersebut dijadwalkan rampung sekitar tanggal 16-17 November 2017 mendatang untuk kemudian disampaikan syarat perbaikan keanggotaan kepada partai politik berangkutan. (*)


div>