SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Idola Tanpa Tekanan Politik

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 08 April 2016 13:26
Idola Tanpa Tekanan Politik

int

Menjadi idola publik karena kerja-kerja yang nyata memihak rakyat. H Andi Aslam Patonangi mengukir sejarah sebagai birokrat  pertama yang sukses ‘oppo’ menakhodai Kabupaten Pinrang melalui  pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung.

H Andi Aslam Patonangi memenangkan dua Pilkada langsung Kabupaten Pinrang. Yakni Pilkada 2009 untuk pemilihan kepala daerah masa bakti 2009-2014, dan Pilkada 2014 untuk periode 2014-2019.

Populer di masyarakat karena dedikasi yang ditunjukkan selama menjadi abdi pemerintahan. Sebagai pelayanan publik, Aslam Patonangi kerap berada di tengah-tengah warga semenjak menjadi PNS biasa hingga menjadi Sekcam Watang Sawitto, Camat Duampanua tahun 2005 dan Camat Watang Sawitto pada 2006.

Godaan terjun ke politik praktis, acapkali muncul. Namun pinangan resmi parpol, baru tersambut di detik-detik akhir menjelang penutupan pendaftaran pasangan cabup-wabup Pinrang saat Pilkada 2009 silam.

Pilihan rakyat tak selamanya varalel dengan persiapan pencalonan. Meski persiapan terkesan minim, namun Pilkada 2009 menghasilkan mandat kepemimpinan H Andi Aslam Patonangi untuk menakhodai kabupaten berpenduduk sekitar 361.293.000 jiwa tersebut. Periode ini, Aslam Patonangi berpasangan dengan H Andi Kaharuddin yang populer dengan tagline Askar.

Kepercayaan publik dengan ekspektasi tinggi. Ekonomi dituntut tumbuh dengan peningkatan produksi terutama di sektor pertanian sebagai pemicunya. Kabupaten Pinrang, memang dikenal sebagai daerah agropolitan.

Bekal pengalaman pengabdian sebagai camat membuat Aslam Patonangi, perlahan-lahan membenahi Kabupaten Pinrang. Ia seolah menyulap pembangunan di Pinrang, dengan membangun dua buah pasar dan mall untuk memacu geliat ekonomi kawasan.

[NEXT-RASUL]

Pengelolaan keuangan daerah pun teruji. Aslam Patonangi sukses membawa Pemkab Pinrang meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tiga kali berturut-turut. Tak terkecuali, mengembalikan prestasi Piala Adipura dan wahana tata nugraha.

Majukan Pinrang

Sentuhan manajemen Aslam Patonangi, memunculkan kemajuan Kabupaten Pinrang di hampir semua bidang. Sektor pertanian yang dianggap paling strategis, kini berkontribusi sekitar 54 persen dari total Rp8 triliun PDRB Kabupaten Pinrang. Sekitar 70 persen dari total penduduk terserap di sektor ini.

Untuk perikanan, dibentuk suatu kawasan minapolitan, yaitu Kecamatan Suppa sebagai kawasan inti (minapolis), serta Kecamatan Mattiro Sompe, Duampanua, Cempa, Lanrisang sebagai kawasan penyangga. Komoditas unggulan yang dikembangkan yaitu udang windu, bandeng, dan rumput laut.

Mulai September 2014 , WWF–Indonesia tergabung sebagai pengurus Badan Koordinasi Pengelolaan Kawasan Minapolitan dan Industrialisasi Perikanan Kabupaten Pinrang, di bidang peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan.

Keterlibatan WWF-Indonesia, karena Kabupaten Pinrang merupakan salah satu daerah produksi udang windu terbesar di Sulawesi Selatan. Pada tahun 2012 saja, produksi udang windu 2.931 ton. Selain itu suasana kondusif dan faktor dukungan yang kuat dari pemerintah, masyarakat, dan industri untuk pengembangan udang windu menjadikan wilayah Kabupaten Pinrang sebagai tempat ideal sebagai kawasan minapolitan. (*)

DATA DIRI
Nama:HA Aslam Patonangi SH MSi
Lahir:Pinrang, 20 Mei 1964
Agama:Islam
Istri:Hj A Dewiyani
Anak:5 orang

Pendidikan
SD:Tahun 1976
SMP:Tahun 1979
SMA:Tahun 1982
S1 UII Jogjakarta:Tahun 1990
S2 UNHAS:Tahun 2004

Riwayat Jabatan
Sekcam Watang Sawitto 1996
Kasubid Pekerjaan Umum 2002
Camat Duampanua, 2005
Camat Watang Sawitto 2006
Bupati Pinrang


Tag
  • best people
  •  
    div>