SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Ijin Tinggal Habis, Seorang WNA “Diusir” ke Kampung Asal

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 01 Agustus 2018 15:18
Ijin Tinggal Habis, Seorang WNA “Diusir” ke Kampung Asal

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Imigrasi Kelas II Parepare mendeportasi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia bernama Basah Bin Ismail karena melakukan tindak pidana keimigrasian yakni melebihi batas ijin tinggal yang telah ditetapkan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi (Wasdakim) Parepare, Indra Gunawan Mansyur mengatakan WNA ini masuk ke Indonesia sejak 9 Januari 2018.

“WNA ini seharusnya ijin tinggalnya habis 8 Februari yang lalu. Jadi, over staynya ini sebanyak 116 Hari. Sebenarnya dia sudah datang di Indonesia sebanyak tiga kali dengan alasan mengunjungi keluarganya. Kedatangan ketiga kalinya ini karena orang tuanya meninggal, namun karena tidak sadar, akhirnya over stay,” jelas Indra.

Akibat over stay kata dia, WNA tersebut akan dilarang masuk ke Indonesia selama enam bulan.

“Apabila over stay, dendanya sebesar Rp. 300 ribu perhari. Namun, WNA ini tidak sanggup membayar denda sehingga kami deportasi dengan penangkalan, yaitu, tidak bisa masuk ke Indonesia selama enam bulan,” jelasnya.

Pria yang bekerja sebagai wiraswasta di Malaysia ini akan diberangkatkan ke Malaysia, Kamis (2/8/2018) besok pukul 07.00. (MP1)


div>