JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Imigrasi Parepare Musnahkan 44.805 Arsip Pemohon Paspor

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 20 Maret 2018 10:59
Imigrasi Parepare Musnahkan 44.805 Arsip Pemohon Paspor

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Jumlah pemohon paspor yang makin meningkat, berimbas pada banyaknya jumlah arsip di kantor Imigrasi Kelas II Kota Parepare.

Hal itu pula menjadi salah satu alasan bagi Imigrasi Parepare melakukan pemusnahan, Selasa, (20/3/2018). Selain agar tidak mempengaruhi tingkat kecepatan dalam penemuan arsip, juga
untuk menghindari terjadinya in-efisiensi atau pemborosan dalam layanan pengarsipan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Parepare, Letehina menguraikan, sebanyak 44.805 arsip 2014 dan 2015 yang dimusnahkan.

Kendati telah dimusnahkan secara fisik, namun data arsip tersebut telah diback-up ke dalam sistem Imigrasi sehingga jika kemudian hari data tersebut dibutuhkan, maka pihak Imigrasi bisa melakukan searching pada sistem.

“Pemusnahan ini kita lakukan sesuai ketentuan, datanya sudah diback-up ke dalam sistem. Kita lakukan pemusnahan karena keterbatasan ruang penyimpanan arsip,” papar Letehina, kepada sejumlah media.

Sementara, Kepala Bidang Intelijen Penindakan dan Sisinfokim Kantor Wilayah Sulawesi Selatan Uus Muchtizar berharap dengan pemusnahan arsip ini dapat lebih menertibkan kegiatan administrasi kearsipan dalam menunjang kelancaran proses manajemen, meningkatkan efisiensi penggunaan ruang dan peralatan penyimpanan arsip. “Pada akhirnya akan meningkatkan kinerja pada kantor Imigrasi kelas II Parepare,” harapnya.

Pemusnahan dengan metode pembakaran yang digelar di halaman Kantor Imigrasi Parepare ini, dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Parepare Letehina. Juga disaksikan Pejabat Eselon IV, Fungsional Arsiparis di Lingkungan Biro Umum, Divisi Imigrasi, dan Divisi Yankum Kanwil Kementerian hukum dan HAM Sulawesi-Selatan. (nia)


div>