SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Imigrasi Parepare Tingkatkan Pengawasan Orang Asing Lewat QR Code

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 24 April 2018 15:34
Imigrasi Parepare Tingkatkan Pengawasan Orang Asing Lewat QR Code

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Melalui pemanfaatan Quick Response Code (QR Code) maka Kantor Imigrasi akan lebih mudah dalam hal mengawasi Warga Negara Asing (WNA) yang masuk di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wadakim) Kantor Imigrasi, Kelas II Parepare, Indra Gunawan, dalam kegiatan Diseminasi Pemanfaatan QR Code, yang dilaksanakan di aula Kantor Imigrasi, Selasa (24/4/2018).

“Dengan adanya aplikasi ini nantinya akan semakin memudahkan dalam melakukan pengawasan orang asing dan memantau keberadaan orang asing.” Ungkap Indra.

QR Code adalah Aplikasi yang akan digunakan oleh semua petugas imigrasi dan tim pengawasan orang asing (Timpora) yang terpasang di smartphone.

“QR Code sudah mengalami proses pengamanan (Enskripsi) jadi hanya bisa dibaca oleh aplikasi khusus pembaca QR Code. Hal ini untuk mencegah dan mengamankan pemalsuan data” tambah Indra.

Lebih lanjut iya menyampaiakan, bahwa pemanfaatan QR code ini akan meningkatkan pengawasan orang asing, mulai dari kedatangan hingga keberadaan orang tersebut.

“Data yang tersimpan dalam QR code adalah kode TPI, Tanggal masuk, Tanggal akhir berlaku, durasi tinggal, nama singkatan visa, NIP, Nomor Paspor, Tanggal lahir, Kebangsaan serta jenis kelamin dan tanggal berakhir paspornya” tambahnya.

Dalam kegiatan itu, lima perwakilan perusahaan asing yang berada di Wilayah kerja Kantor Imigrasi kelas II Parepare juga hadir.

“Setiap perusahaan asing juga kiranya dapat bekerjasama dalam memberikan informasi orang asing yang bekerja ataupun yang datang di perusahaan tersebut. Serta melaporkan keberadaan orang asing dalam bentuk surat ataupun aplikasi pengawasan orang asing.” Jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Parepare, Letehina saat melakukan sambutan. (MP1)


div>