JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Imigrasi Syaratkan Perjalanan Umrah Wajib Rekomendasi Kemenag

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 11 April 2018 10:08
Imigrasi Syaratkan Perjalanan Umrah Wajib Rekomendasi Kemenag

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Demi menjamin keselamatan dan keamanan para Jemaah, Imigrasi Kelas II Kota Parepare memberikan syarat tambahan dokumen bagi setiap keberangkatan agen atau biro perjalanan umrah. Syarat tambahan tersebut berupa pemberian rekomendasi dari Kementerian Agama (Kemenag).

“Berangkat umrah harus ada rekomendasi. Ini salah satu upaya kita untuk mencegah pemberangkatan umrah para travel biro yang tidak terdaftar di Kementerian agama. Semua ini adalah bagian sinergi dalam rangka mengantisipasi praktik yang tidak sesuai prosedur,” tegas Letehina, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Parepare.

Menurut dia, penambahan persyaratan membuat paspor harus dilengkapi rekomendasi itu, bukan memperpanjang birokrasi melainkan untuk menjamin keselamatan dan keamanan para jamaah yang hendak melakukan ibadah di tanah suci.

“Sepanjang ada rekomendasi dari Kemenag yang sudah terverifikasi, maka kita terbitkan paspornya. Mengenai itu, kita sudah melakukan ikatan kerjasama atau MoU dengan beberapa Kementerian terkait, seperti Kemenag,” jelas Letehina.

Kepastian hukum, waktu, dan biaya menjadi prioritas atau prinsip pelayanan Imigrasi.(MP1)


div>