SENIN , 22 OKTOBER 2018

IMMIM Juara OPTIKA Tingkat Nasional Madrasah Aliyah

Reporter:

Editor:

Iskanto

Senin , 01 Oktober 2018 10:00
IMMIM  Juara OPTIKA Tingkat Nasional Madrasah Aliyah

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Olimpiade Matematika (OPTIKA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan perkembangan dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendididkan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan LCCM ini timbul dari rasa peduli Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap kondisi dan mutu madrasah yang pada saat itu masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah.

Sehingga dianggap tidak mampu bersaing dengan sekolah umum, terutama dalam mata pelajaran sains yaitu matematika.
Semenjak LCCM pertama kali diadakan pada tahun 1988, dimana peserta yang diikutsertakan hanya siswa dari Madrasah Aliyah (MA) di wilayah Jakarta Selatan.

Beberapa tahun kemudian yakni tepatnya pada pelaksanaan LCCM 9 dan LCCM 10, sangat nyata perkembangan dan kemajuan kegiatan ini yang dilakukan oleh panitia. Pada LCCM 9 di tahun 2009, peserta yang dilibatkan merambah hingga tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan wilayah yang diperluas hingga se- Jabodetabek.
Perkembangan LCCM pun semakin terlihat, bukan hanya tingkatannya tetapi jangkauan wilayah serta menjangkau jenjang sekolah Islam.

Pada tahun 2012 yang lalu, kami mantapkan kehadiran LCCM dengan nama dan format acara yang baru.

Perubahan nama LCCM (Lomba Cerdas Cermat Matematika) menjadi OPTIKA (Olimpiade Matematika) dan wilayah kegiatan yang diperluas hingga seluruh Pulau Jawa. Pelaksanaan kegiatan pun bukan sekedar LCCM, namun juga disertai dengan sistem Olimpiade di sejumlah tahap.

Format acara yang lebih variatif pun semakin menarik perhatian para peserta untuk ikut serta. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta menjadi 750 regu dari seluruh pulau Jawa.

Kegiatan OPTIKA terus mengalami perkembangan, mulai dari OPTIKA 12 hingga OPTIKA 17.

Perkembangan yang sangat terlihat pun terjadi pada OPTIKA 14. Dimana cakupan wilayah yang sebelumnya se-Jawa, diperluas menjadi se-Indonesia serta format olimpiadenya yang berada di beberapa tahap yaitu seleksi wilayah, seleksi nasional dan olimpiade semifinal.

Dengan Lomba Cerdas Cermat Matematika sebagai tahapan akhir atau Grand Final OPTIKA.Respon positif pun semakin terlihat dari masyarakat, terlihat pada jumlah peserta OPTIKA 17 yang terus meningkat mencapai 1319 regu.

Pelaksanaan OPTIKA 18 terbagi dalam 13 wilayah dan 26 tempat pelaksanaan yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Pada OPTIKA 18, tahapan yang digunakan serupa dengan tahapan pada OPTIKA 17, yaitu diawali dengan seleksi wilayah, seleksi nasional, olimpiade semifinal, dan grand final . Berikut data pemenang dua tahun terakhir.

Untuk Juara tingkat Madrasah Aliyah dan Sekolah Islam diraih oleh:
1. MA Pesantren IMMIM

2. MAN 2 Sleman

3. MAS Yapena


div>