SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

IMMIM Putra Gelar Wisuda Santri dirangkaikan dengan Ujian Tahfiz Quran

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Minggu , 30 April 2017 18:30
IMMIM Putra Gelar Wisuda Santri dirangkaikan dengan Ujian Tahfiz Quran

int

MAKASSAR, Rakyatsulsel.com – Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur’an IMMIM Makassar Sulawesi selatan menggelar acara wisuda dan penamatan santri sebagaimana tahun-tahun sebelumnya di Aula IMMIM Putra Tamalanrea Makassar, Minggu (30/4).

Dengan mengangkat tema ” Menciptakan Generasi Qur’ani”  Ketua Umum YASDIC IMMIM menyatakan bahwa jumlah santri yang di wisuda pada angkatan 37 sebanyak 116 wisudawan. “Pada angkatan 37 ini yang dinyatakan lulus ada 116 santri,” ungkap Ir H Ridwan Abdullah M Sc dalam sambutannya.

IMMIM Putra telah menginjak usia ke 42 tahun dan telah mencetak alumni sebanyak 2.355 orang. ” IMMIM Putra sudah berusia 42 tahun dan alumninya sudah 2.355, namum belum termasuk yang tamat di tingkat SMP. Saya pun mengharapkan anak-anakku yang tamat sekarang, untuk terus memegang dan menjalankan amanah 3 hal penting yakni, berakhlaq mulia, berwawasan luas dan berbadan sehat,” jelas Ketua umum YASDIC IMMIM.

Sebelum ke acara inti wisuda, dimulai dengan kegiatan ujian Tahfidz Al-Qur’an. Untuk tahun ini ada beberapa jumlah hafalan santri, dimulai dari 15 juz, 25 juz, hingga 30 juz. YASDIC memberikan penghargaan tinggi bagi 3 santri yang mampu menghafalkan 30 juz.  Santri yang mendapatkan hadiah umroh adalah Asyiq Diyaul Haq dan kedua lainnya diberi hadiah berupa uang tunai.

Selain acara wisuda dan Tahfidz Al- Qur’an, adapula orasi ilmiah yang dibawakan oleh Prof DR Ahmad Abu Bakar, ia merupakan alumni IMMIM angkatan ke 8.

Kepala KANWIL Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan yang di Wakili Kabid Kapontren  Drs.  H. Faturrahim Mpd mengungkapkan dukungannya terhadap santri lulusan pesantren yang mampu menghafalkan 30 juz Al-Qur’an. ” Saya kagum dengan ananda-anandaku yang mampu mengahafalkan Al-Qur’an dan Itu merupakan prestasi luar biasa,” H. Faturrahim Mpd.

Dalam sambutannya ia juga menyampaikan tentang beasiswa Kementrian Agama yang di khususkan kepada alumni lulusan pesantren di beberapa Universitas. “Beasiswa untuk alumni pesantren sudah dibuka mulai tahun ini, dan akan tertutup pada tanggal 8 Mei mendatang,”. (Nur Marwah)


div>